icon-category Telco

Smartfren dan KoinWorks Kerjasama Hadirkan Pinjaman untuk UMKM

  • 02 Jun 2023 WIB
Bagikan :
Smartfren dan KoinWorks Kerjasama Hadirkan Pinjaman untuk UMKM
Foto: Penandatanganan MoU antara Smartfren dan KoinWorks

Uzone.id – Smartfren dan KoinWorks sepakat untuk melakukan kerjasama untuk turut memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam bentuk pemberian pinjaman.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) “Indonesia Micro Small Medium Enterprise Financing” pada Rabu, (24/05).

MoU yang ditandatangani langsung oleh CEO Smartfren Business, Alim Gunadi dan CEO KoinWorks Benedicto Haryono ini diharapkan memberi kontribusi bagi UMKM Indonesia melalui solusi digital.

"UMKM Indonesia adalah pahlawan ekonomi negeri, dan Smartfren Business ingin memberikan kontribusi nyata kepada UMKM Indonesia melalui solusi digital. Kami yakin, UMKM Indonesia bisa tumbuh dan menambah pemasukan dengan Koin-Net," kata Alim Gunadi.

Benedicto Haryono menambahkan, “Dengan penyediaan akses pembiayaan dari KoinWorks, kami harap dapat mendorong lebih banyak UMKM untuk mengadopsi solusi-solusi digital yang bermanfaat bagi usahanya.”

Lewat kerja sama ini, UMKM di daerah Jawa dan Bali pelanggan Smartfren Business bisa mengajukan pinjaman ke KoinWorks dengan bunga yang lebih rendah dan proses yang lebih cepat untuk pembelian perangkat internet (Koin-Net) dari Smartfren Business.

Koin-Net sendiri adalah Access Point Wi-Fi privat yang dapat memberikan akses internet kepada pengguna. 

Untuk peminjamannya, tenor yang diberikan antara 6 dan 12 bulan dengan total pinjaman hingga Rp 17 juta untuk masing-masing UMKM pelanggan Smartfren Business

Smartfren mencatat kalau sebagian besar UMKM yang terdaftar merupakan pemilik kedai kopi, toko retail, home industry, dan toko penyedia jasa.

Koin-Net ini diharapkan dapat menunjang kegiatan UMKM dari segi finansial karena berpotensi dapat meramaikan tempat usaha dan meningkatkan penjualan, sehingga dapat menghasilkan keuntungan lebih bagi pelaku usaha.

KoinWorks hingga saat ini sudah memiliki 2,2 juta pengguna dalam ekosistem digitalnya dan telah menyalurkan dana sebesar 15 triliun rupiah ke UMKM.

Tak hanya memberikan pinjaman, nantinya Smartfren Business dan KoinWorks juga akan melakukan rangkaian acara literasi digital untuk membekali UMKM dengan pengetahuan dan skill digital untuk mengembangkan usaha mereka.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini