icon-category Gadget

Smartphone Pertama dengan Snapdragon 895 akan Diluncurkan Akhir 2021

  • 28 Jun 2021 WIB
Bagikan :

 

Uzone.id - Meski suplai chip mengalami krisis namun sepertinya Qualcomm tak menemukan kendala untuk memproduksi chipset terbarunya yang ditujukan untuk smartphone flagship, Snapdragon 895. Bahkan Lenovo dikabarkan sudah bersiap untuk mengadopsi chipset di smartphone flagshipnya.

Laman GizChina menyebut jika seorang petinggi Lenovo memberikan bocoran rencana adopsi Snapdragon 895 ini melalui akun resmi Weibo. Dia adalah Chen Jin, yang merupakan General Manager Lenovo Mobile. Dia mengatakan jika Lenovo akan mengeluarkan smartphone flagship sebelum 2022.

Namun, hanya karena peluncuran produk berlangsung lebih awal dari yang diperkirakan, tidak berarti ketersediaan smartphone unggulan itu akan diproduksi dalam jumlah banyak. Mengingat krisis kekurangan chip masih berlangsung di dunia. Mungkin akan ada beberapa rintangan yang harus diatasi Qualcomm sebelum mengirimkan chipset dalam jumlah besar ke banyak kliennya.

Kekurangan chip yang sedang berlangsung juga menjadi alasan mengapa Snapdragon 895 dikabarkan dibuat menggunakan arsitektur 4nm dari Samsung, bukan TSMC. Kemungkinan, pabrikan Taiwan itu sudah kewalahan menangani permintaan sehingga Qualcomm tidak punya pilihan selain memilih Samsung.

Snapdragon 895 dikabarkan merupakan SoC dengan nomor produk SM8450 dibuat dengan Kryo 780, ditambah modem Snapdragon X65 5G terintegrasi, yang juga akan dibuat pada node 4nm Samsung. Informasi lainnya menyebut bahwa chip generasi baru dari Qualcomm sedang diuji oleh mitranya sehingga Lenovo mungkin termasuk di antara mereka.

Chipset kelas atas ini juga dikabarkan akan memiliki baseband 5G yang lebih kuat dan mendukung spektrum 6 GHz. 

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini