SMS Keliru Ada Rudal Jatuh, Warga Hawaii Panik

14 January 2018 by
SMS Keliru Ada Rudal Jatuh, Warga Hawaii Panik

SMS peringatan hawaii / © Dailybeast.com

Uzone.id - Sebuah peringatan darurat dikirim secara keliru pada hari Sabtu ke penduduk Hawaii yang memperingatkan akan adanya serangan rudal balistik ke kawasan tersebut.


SMS keliru tersebut terjadi ketika seorang pegawai di badan manajemen darurat negara menekan tombol yang salah, kata gubernur Hawaii.

Pejabat negara dan Komando Pasifik militer A.S. mengkonfirmasi bahwa tidak ada ancaman nyata bagi negara.

 Tapi selama lebih dari setengah jam, sementara agensi tersebut berusaha menarik kembali peringatan tersebut, orang-orang Hawaii yang panik bergegas mencari tempat berlindung.

SMS berbunyi “EMERGENCY ALERT BALLISTIC MISSILE THREAT INBOUND TO HAWAII. SEEK IMMEDIATE SHELTER. THIS IS NOT A DRILL.” dikirimkan pada Sabtu pukul 8 pagi.

Peringatan tersebut, dikirim ke telepon genggam dan disiarkan di televisi dan radio sesaat setelah pukul 8 pagi, dikeluarkan di tengah ketegangan internasional yang tinggi mengenai pengembangan senjata nuklir Balistik Korea Utara.

Gubernur David Ige mengatakan pada sebuah konferensi pers bahwa dia marah dan kecewa atas insiden tersebut, meminta maaf untuk itu dan mengatakan bahwa negara akan mengambil langkah untuk memastikan hal itu tidak akan pernah terjadi lagi.

"Apa yang terjadi hari ini sama sekali tidak bisa diterima," kata gubernur asal Partai Demokrat tersebut, seperti dikutip Uzone.id dari Reuters.

"Seorang karyawan menekan tombol yang salah," kata Ige.

Mau dapat pulsa gratis dari uzone.id? Simak caranya pada tautan berikut ini.

0 Comments in this article

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top