icon-category Gadget

Snapdragon 7 Gen 1 Buat Smartphone Menengah Terasa 'Over Power'

Prosesor Snapdragon 7 Gen 1 disertai fitur canggih yang membuat ponsel menengah terasa naik kelas

Uzone.id - Bukan cuma Snapdragon 8+ Gen 1 saja yang diperkenalkan, Qualcomm turut mengumumkan kehadiran prosesor Snapdragon 7 Gen 1. Suksesor Snapdragon 778G ini membawa banyak teknologi turunan dari Snapdragon 8+ Gen 1, sehingga membuat smartphone kelas menengah terasa naik kelas.

Qualcomm merancang SoC (system on chip) terbaru itu dengan arsitektur 4nm. Bukan cuma fabrikasinya saja yang sama, beberapa fitur penting pada Snapdragon 8+ Gen 1 juga disematkan di dalamnya.

Snapdragon 7 Gen 1 dilengkapi core utama Kryo dengan kecepatan mencapai 2,4 GHz. Dipadukan dengan GPU Adreno 662, performa grafisnya diklaim 20% lebih tinggi dari Snapdragon 778G.

Hebatnya, prosesor ini menjadi Snapdragon 7 Series pertama dengan chip AI Engine terintegrasi. Kehadiran chipset tersebut membuat segala proses berbasis AI atau kecerdasan buatan memiliki performa 30% lebih baik.

Baca juga: Snapdragon 8+ Gen 1 Semakin Powerful

Rangkaian fitur turunan Snapdragon 8 Series di Snapdragon 7 Gen 1

Sama halnya, prosesor tersebut tak cuma cepat tapi juga hemat daya berkat teknologi bernama Adreno Frame Motion Engine. Teknologi itu bisa menggandakan framerate untuk meningkatkan kualitas konten sambil mempertahankan konsumsi daya yang sama.

Smartphone kelas menengah benar-benar terasa seperti ponsel premium berkat Snapdragon 7 Gen 1. Selain dimungkinkan mengusung layar beresolusi QHD+, ponsel mid-range sekarang dapat mengusung RAM hingga 16 GB berjenis LPDDR5.

Prosesor Snapdragon 7 Gen 1 juga menjadi chipset pertama di kelasnya yang dilengkapi Qualcomm Spectra triple ISP. Dengan ini, pengguna dapat memotret dari 3 kamera secara bersamaan, mengambil foto dengan resolusi tertinggi 200MP, atau merekam video HDR di resolusi 4K.

Fitur canggih lainnya di Snapdragon 7 Gen 1

Tak perlu khawatir soal keamanannya, karena Qualcomm sudah menyertakan Trust Management Engine khusus dan Android Ready SE. Kedua teknologi ini memprioritaskan keamanan dan perlindungan infromasi pengguna.

Baca juga: Mengenal Snapdragon 8 Gen 1

Berbicara soal konektivitas, Snapdragon 7 Gen 1 dibekali dengan modem Snapdragon X62 5G generasi ke-4 dan FastConnect 6900 yang menghadirkan Wi-Fi dan Bluetooth superior. Dilengkapi juga dengan Snapdragon Sound untuk mencegah getaran dan menciptakan pengalaman audio yang imersif.

Generasi penerus Snapdragon 778G tersebut akan siap secara komersial pada kuartal kedua tahun ini. Oppo, Xiaomi, dan Honor akan menjadi merek pertama dengan prosesor Snapdragon 7 Gen 1.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini