icon-category Gadget

Snapdragon 8 Gen 3 Debut, Makin Pintar dan Cepat dengan On-device AI

Hawaii, Amerika Serikat, Uzone.id - Seperti yang diharapkan, system on chip (SoC) kelas flagship Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3 diperkenalkan pada gelaran Snapdragon Summit 2023. Gak cuma soal ngebut yang jadi kebolehan suksesor Snapdragon 8 Gen 2 itu, tapi juga soal fitur artificial intelligence (AI) yang lebih pintar dan efisiensi dayanya.

Snapdragon 8 Gen 3 masih menggunakan arsitektur 4nm TSMC, namun mengusung clock-speed pada performance core yang lebih tinggi.

Core utama Cortex X4 dengan kecepatan 3,3 GHz, dipadukan dengan 3-core Cortex A720 dengan kecepatan 3,2 GHz, 2-core Cortex A720 dengan kecepatan 3 GHz, dan 2-core Cortex A520 dengan clock-speed 2,3 GHz.

Qualcomm mengklaim, Snapdragon 8 Gen 3 menyuguhkan performa 30 persen lebih baik dari Snapdragon 8 Gen 2 dan efisiensi daya 20 persen lebih bagus dari sebelumnya.

Menggunakan GPU Adreno generasi terbaru, Snapdragon 8 Gen 3 menyuguhkan performa dan efisiensi daya 25 persen lebih baik dari sebelumnya. Ragam fitur dihadirkan, terutama buat para gamer.

Seperti Adreno Frame Motion Engine 2.0, 240Hz to 1Hz QSYNC, hingga peningkatan frame rate saat main game sampai 240 FPS. Juga, Adreno generasi terbaru sudah mendukung Snapdragon Elite Gaming dan ray tracing dengan Global Illumination untuk menambah kualitas grafis yang dimainkan di smartphone.

alt-img
Qualcomm Reference Design (QRD) dari Snapdragon 8 Gen 3 (Foto: Uzone.id)

AI juga jadi salah satu kelebihan dari Snapdragon 8 Gen 3. Chipset ini memiliki teknologi on-device AI, sehingga pemrosesan jauh lebih cepat dan aman.

Apalagi, dengan chip Neural Processing Unit (NPU) yang baru, pemrosesan AI 98 persen jauh lebih cepat dan 40 persen lebih efisien dari sebelumnya.

“Dengan on device AI, semuanya dijalankan di perangkat, lebih cepat dan aman,” Jelas Cristiano Amon, President and CEO of Qualcomm, di Snapdragon Summit 2023.

Snapdragon 8 Gen 4 nantinya akan digunakan pada smartphone flagship dari berbagai merek ponsel Android, seperti Asus, Honor, iQOO, Meizu, Nio, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Redmi, Redmagic, Sony, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini