Soal Keluhan Paket Telat, Mogok Kerja dan PHK SiCepat
Uzone.id – Tech winter untuk industri startup masih berlangsung. Kabar tak sedap kali ini menyeruak soal jasa pengiriman layanan antar barang SiCepat.
Informasi berawal dari cuitan akun @arifnovianto_id yang mengungkapkan bahwa terjadi pemogokan kerja oleh karyawan penyortir barang dan dan kurir SiCepat akibat adanya PHK sepihak yang dilakukan oleh perusahaan.“PEMOGOKAN bagian sortir & kurir Sicepat di Surabaya hari ini. Mereka memprotes adanya PHK sepihak,” tulis akun tersebut.
Utas yang diunggah pada 5 September 2022 ini terpantau sudah di retweet sebanyak 2.420 kali dengan jumlah like sebanyak 6.327 likes (7/9).
PEMOGOKAN bagian sortir & kurir Sicepat di Surabaya hari ini. Mereka memprotes adanya PHK sepihak.
— Arif Novianto (@arifnovianto_id) September 5, 2022
Gelombang PHK massal kembali berlangsung di Sicepat. Itu mengapa paket2 dari konsumen banyak yg telat dikirimkan. Oleh karena paket menumpuk, sementara pekerjanya dipangkas. pic.twitter.com/Y4Hdoov6dN
Dalam utas yang sama, akun tersebut juga mengungkapkan bahwa gelombang PHK massa masih terus berlangsung di SiCepat. Dampaknya adalah banyak paket yang akhirnya harus terlambat dikirimkan ke konsumen.
Baca juga: Perlukah Was-was Hadapi Tech Winter?
“Itu mengapa paket2 dari konsumen banyak yg telat dikirimkan. Oleh karena paket menumpuk, sementara pekerjanya dipangkas,” ungkap akun tersebut sembari mengunggah dua foto di bawahnya.
Lantas, kabar tersebut pun dengan cepat menyebar ke linimasa Twitter. Banyak netizen yang turut mengungkapkan kekesalannya karena paket yang terlambat datang.
Fix!! Udh kesekian kalinya dikecewaain sama CS @sicepat_ekspres , eh trnyta sistem kerja kompeni ???????? dr 30 Agustus smpai 4 september paket baru gerak, bahkan blm nyampe sampai skrng ???? pic.twitter.com/WgLQC0oSF4
— Mega Werdiningsih (@megaawerdi) September 5, 2022
Managemen nya amburadul,, kita sebagai seller yg di maki² sama buyer karena paket lama datang dan alhasil rating performa turun.
— Baladakampung (@smuhamad049) September 5, 2022
Ambyar emang @sicepat_ekspres pic.twitter.com/W0Y30j9Vnh
PANTES.
— Cimoli (@cim0li) September 6, 2022
Bogor-Jakarta dr tgl 29 sampe skr blm sampe. https://t.co/IqlkAa91vE
pantesan kemarin2 gua beli barang pake ekspedisi sicepat lama banget, keduluan sama jnt. biasanya cepetan sicepat. malah jadi jnt yang sehari langsung dateng barangnya mana minggu tetep dikirim ????
— cameren. (@sophrosyne_ren) September 6, 2022
Beberapa mengeluhkan paket mereka telat lebih dari tiga hari, bahkan ada yang sampai tujuh hari belum dikirimkan.
Satu hari sebelum utas tersebut dibuat, Minggu, 4 September 2022, akun Twitter @sicepat_ekspress sudah melayangkan surat permohonan maaf terlebih dahulu kepada para konsumennya.
Baca juga: Ramai Startup PHK Karyawan, Ini Wejangan dari Kominfo
Dalam surat tersebut, SiCepat meminta maaf kepada seluruh pelanggan (Sahabat SiCepat) atas keterlambatan pengiriman yang terjadi untuk tujuan paket Jabodetabek.
Selamat malam Sahabat SiCepat!
— SiCepat Ekspres (@sicepat_ekspres) September 4, 2022
Kami ingin menyampaikan permintaan maaf atas keterlambatan paket tujuan Jabodetabek????
Saat ini kami sedang berusaha se-optimal mungkin agar paket kamu dapat dikirimkan dengan baik.
Terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan Sahabat SiCepat❤ pic.twitter.com/DObMKdpWjH
Alasan keterlambatan tersebut disebabkan adanya perubahan workflow yang terjadi dalam sistem operasional SiCepat Ekspress.
Pihak SiCepat turut memastikan bahwa sistem operasional akan kembali dan normal dan proses pengiriman bisa berjalan dengan aman. Bahkan mereka pun menyarankan untuk menghubungi hotline Customer Service SiCepat Ekspress di nomor 021-5020-0050.
Namun, tak sedikit juga netizen justru kembali mengeluhkan bahwa pihak CS SiCepat tidak bisa dihubungi dan tidak ada informasi apapun yang diberikan.