icon-category Startup

Soal Keluhan Paket Telat, Mogok Kerja dan PHK SiCepat

  • 07 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.idTech winter untuk industri startup masih berlangsung. Kabar tak sedap kali ini menyeruak soal jasa pengiriman layanan antar barang SiCepat.

    Informasi berawal dari cuitan akun @arifnovianto_id yang mengungkapkan bahwa terjadi pemogokan kerja oleh karyawan penyortir barang dan dan kurir SiCepat akibat adanya PHK sepihak yang dilakukan oleh perusahaan.

    PEMOGOKAN bagian sortir & kurir Sicepat di Surabaya hari ini. Mereka memprotes adanya PHK sepihak,” tulis akun tersebut.

    Utas yang diunggah pada 5 September 2022 ini terpantau sudah di retweet sebanyak 2.420 kali dengan jumlah like sebanyak 6.327 likes (7/9).

    Dalam utas yang sama, akun tersebut juga mengungkapkan bahwa gelombang PHK massa masih terus berlangsung di SiCepat. Dampaknya adalah banyak paket yang akhirnya harus terlambat dikirimkan ke konsumen.

    Baca juga: Perlukah Was-was Hadapi Tech Winter?

    Itu mengapa paket2 dari konsumen banyak yg telat dikirimkan. Oleh karena paket menumpuk, sementara pekerjanya dipangkas,” ungkap akun tersebut sembari mengunggah dua foto di bawahnya.

    Lantas, kabar tersebut pun dengan cepat menyebar ke linimasa Twitter. Banyak netizen yang turut mengungkapkan kekesalannya karena paket yang terlambat datang.

    Beberapa mengeluhkan paket mereka telat lebih dari tiga hari, bahkan ada yang sampai tujuh hari belum dikirimkan.

    Satu hari sebelum utas tersebut dibuat, Minggu, 4 September 2022, akun Twitter @sicepat_ekspress sudah melayangkan surat permohonan maaf terlebih dahulu kepada para konsumennya.

    Baca juga: Ramai Startup PHK Karyawan, Ini Wejangan dari Kominfo

    Dalam surat tersebut, SiCepat meminta maaf kepada seluruh pelanggan (Sahabat SiCepat) atas keterlambatan pengiriman yang terjadi untuk tujuan paket Jabodetabek.

    Alasan keterlambatan tersebut disebabkan adanya perubahan workflow yang terjadi dalam sistem operasional SiCepat Ekspress.

    Pihak SiCepat turut memastikan bahwa sistem operasional akan kembali dan normal dan proses pengiriman bisa berjalan dengan aman. Bahkan mereka pun menyarankan untuk menghubungi hotline Customer Service SiCepat Ekspress di nomor 021-5020-0050.

    Namun, tak sedikit juga netizen justru kembali mengeluhkan bahwa pihak CS SiCepat tidak bisa dihubungi dan tidak ada informasi apapun yang diberikan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini