home ×
Telco

Soal Kualitas Internet, Telkomsel Menangkan 6 dari 7 Penghargaan OpenSignal

27 February 2020 By
Soal Kualitas Internet, Telkomsel Menangkan 6 dari 7 Penghargaan OpenSignal
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Opensignal, sebuah tools untuk uji kecepatan internet, memberikan sejumlah kategori penghargaan kepada operator seluler di Indonesia. Hasilnya, Telkomsel nyaris menyapus bersih penghargaan tersebut.

Secara keseluruhan Telkomsel memenangkan penghargaan dari Opensignal untuk kategori Pengalaman Video, Voice App Experience, Pengalaman Kecepatan download, Pengalaman kecepatan upload, Pengalaman Latency, Pengalaman Cakupan 4G.

Telkomsel hanya kalah satu penghargaan yakni, ketersedian 4G, yang dimenangkan oleh Smartfren.

Untuk kategori Pengalaman Kecepatan Download, Telkomsel mencatatkan kecepatan mengunduh sebesar 12Mbps secara keseluruhan, meningkat sekitar 23 persen selama enam bulan terakhir, jika dirinci, kecepatan mengunduh Telkomsel pada jaringan 4G mencapai 14,1Mbps.

Baca juga: Internet Telkomsel Terbaik di Indonesia

Sementara di kategori Pengalaman Kecepatan Upload, Telkomsel mencatatkan kecepatan mengunggah sebesar 5,4Mbps secara keseluruhan, atau meningkat 45 persen dan kecepatan mengunggah Telkomsel pada jaringan 4G mencapai 6,9Mbps.

Telkomsel memenangkan penghargaan pengukuhan Pengalaman Voice App di Indonesia. Operator ini sedikit terdepan dari sekumpulan operator tersebut dengan skor 77,

Baca juga: Banjir Datang, Sinyal Tetap Stabil

Metrik yang unik dan pertama kalinya ini mengukur kualitas pengalaman atas layanan suara over-the-top (OTT) — aplikasi suara seluler seperti WhatsApp, Skype, dan Facebook Messenger dengan menggunakan model yang berasal dari International Telecommunication Union (Serikat Telekomunikasi Internasional) untuk menghitung kualitas panggilan suara menyeluruh dengan serangkaian parameter teknis terkalibrasi.

Sedangkan untuk kategori Latency Experience, Telkomsel mencatatkan latensi sebesar 45,5ms secara keseluruhan dan latensi jaringan 4G Telkomsel berada di angka 40,1ms.

“Pengakuan dari laporan Opensignal ini juga merupakan berkat dukungan dari seluruh mitra strategis dan stakeholder Telkomsel terutama pemerintah Republik Indonesia,” ujar Direktur Network Telkomsel FM Venusiana R, dalam keterangan resminya.



Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id