icon-category Auto

Solar Mahal, Wajar Kalau Toyota Innova Diesel Stop Produksi

  • 09 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Toyota

    Uzone.id - Mobil berbahan bakar solar sempat populer karena sejumlah keunggulan. Harga solarnya murah, tenaganya besar dan konsumsi solarnya irit.

    Ketiga faktor utama itu membuat mobil-mobil solar naik daun. Gak hanya berjenis SUV ladder frame yang bongsor, bahkan untuk sedan sampai MPV pun ada.

    Salah satu yang populer tentu saja Toyota Innova diesel. Mobil ini banyak diburu meskipun harga jual barunya tergolong lebih mahal ketimbang versi bensin.

    BACA JUGA: Hasil Tes Wuling Almaz Hybrid di Sirkuit E-Prix Ancol

    Muat banyak, nyaman, solar irit, tenaga badak. Maka pas sudah MPV andalan Toyota ini jadi andalan.

    Namun saat ini kondisinya berbeda. Harga solar semakin mahal dan belum lagi ganjalan isu emisi solar yang dianggap lebih kotor.

    Soal harganya yang mahal, kami pun jujur sempat terkejut ketika mau mengisi BBM solar. Ketika masuk ke SPBU Pertamina, harga solar Dexlite saja sudah menyentuh angka Rp18 ribu!

    Kami pikir, lumayan juga ini beban operasional mobil-mobil berbahan bakar solar, apalagi kalau bukan mobil mewah dan dipakainya bukan oleh para sultan.

    Rp18 ribu perliter untuk sebuah solar menurut kami sebagai kaum kebanyakan adalah mahal!

    Maka, kami pun lebih terkejut harga solar yang mencapai Rp18 ribu perliter ketimbang rumor Toyota yang dikabarkan akan menghentikan produksi Innova diesel dan saat ini sedang dalam proses menghabiskan stok unitnya.

    Toyota Innova diesel sendiri menggendong mesin berkode 2GD-FTV dengan kapasitas mesin 2.400cc VN Turbo Intercooler. Tenaganya sebesar 146,9 hp dan torsi puncak 359,9 Nm.

    FOTO: Energica EsseEsse9+ Andalan Polri Hadir di IMOS 2022

    Tapi Toyota Innova diesel yang jadi mobil kebanyakan orang dan operasional perusahaan, harus mengisi BBM sampai Rp18 ribu perliter jadi semakin gak masuk akal.

    Toyota lebih memilih menggantinya dengan versi bensin tapi disokong motor listrik, alias hybrid. Harga jual mobilnya pun di predsiksi akan mirip-mirip dengan Innova versi diesel saat ini.

    Buat yang mau menjadikan Innova diesel sebagai mobil koleksi, silakan saja. Malah sekarang saat yang tepat untuk membelinya karena pasti bakal disodorkan diskon gede-gedean.

    Namanya mobil koleksi, kemungkinan dipakai hanya untuk Satmori atau Sunmori, jadi kalaupun harus mengisi BBM Rp18 ribu perliter, masih oke lah untuk sebuah hobi.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini