home ×
Gadget

Sony AI Bikin Robot Memasak untuk Bantu Koki

17 December 2020 By
Sony AI Bikin Robot Memasak untuk Bantu Koki
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi robot (Foto: Alex Knight / Unsplash)


Uzone.id - Sony telah meluncurkan Sony AI pada bulan April untuk menangani R&D AI dengan fokus pada game, pencitraan, penginderaan, dan lainnya.

Pada 14 Desember 2020, Sony AI meluncurkan inisiatif penilitian besar pertamanya di Proyek Unggulan Gastronomi, yang bertujuan untuk meningkatkan "kreativitas dan teknik" para koki di seluruh dunia.

Sony mulai berinvestasi dalam AI denga aplikasi memasak pada April 2018, ketika divisi perusahaan AS - Sony Corporation of America - menandatangani perjanjian dengan Universitas Carnegie Mellon untuk mengerjakan penelitian AI dan robotika.

BACA JUGA: Ming Chi Kuo: iPhone 13 Dijadwalkan Meluncur September 2021

Pada saat itu, Sony mengatakan bahwa penelitian dan pengembangan awalnya fokus pada pengoptimalan persiapan makanan, memasak, dan pengiriman karena teknologi yang dibutuhkan robot untuk menangani "tugas penyiapan makanan yang kompleks dan beragam" nantinya bisa diterapkan ke cakupan industri yang lebih luas.

Menurut analisis McKinsey & Company, 73% aktivitas yang dilakukan oleh pekerja layanan makanan berpotensi untuk otomatisasi.

Proyek Unggulan Gastronomi terdiri dari aplikasi yang didukung AI untuk membuat resep, robot yang bisa membantu koki memasak, dan rencana "kreasi bersama komunitas".

Untuk membuat aplikasi, Sony AI mengatakan akan memanfaatkan berbagai sumber data, termasuk resep dan informasi bahan seperti rasa, aroma, rasa, struktur molekul, dan nutrisi untuk melatih "algoritme AI eksklusif" yang akan membantu "koki top dunia" dalam pemasangan, desain resep, dan pembuatan menu.

Perusahaan mencatat bahwa pembuatan resep adalah area penelitian yang menantang untuk AI karena kombinasi bahan yang tak terbatas, serta kendala seperti lokasi, iklim, musim, dan preferensi kesehatan makanan yang harus diperhitungkan.

"Melalui aplikasi ini (tujuan kami) tidak cuma membantu dalam membuat makanan yang lezat, tapi jua berkontribusi bagi kesehatan masyarakat dan kelestarian lingkungan," tulis Sony AI.

Robot memasak Sony AI yang akan datang, sementara diberi nama Robot Memasak yang Membantu Koki.

Sony mengatakan itu akan membantu seluruh proses memasak dari persiapan hingga pelapisan lwat penggunaan sensor dan pendekatan pembelajaran mesin seperti pembelajaran imitasi.

Tujuan ambisiusnya adalah untuk mereplikasi dan dalam beberapa kasus melebihi keterampilan dan teknik koki dengan "presisi dan kecepatan tinggi" dan untuk mengembangkan robot yang bisa dioperasikan untuk menyajikan makanan kepada orang-orang di lokasi terpencil dengan menggunakan kendali jarak jauh.

 

VIDEO Asus ROG Phone 3 Versi Termahal, yang Gue Suka dan Gak Suka - Review

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id