icon-category Gadget

Spek iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max Makin Elit, Tapi Harganya Naik

Uzone.id - Apple diprediksi akan membawa beberapa perubahan pada iPhone 15 Series, terutama pada varian Pro dan Pro Max. Baik iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max akan menampilkan teknologi layar baru yang membuatnya kian bezel-less dibanding seri sebelumnya.

Menurut laporan jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, Apple akan mengusung layar berteknologi low-injection pressure overmolding atau LIPO untuk iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. 

Teknologi layar ini akan memperkecil ukuran bezel di sekitar layar menjadi hanya 1,5 mm, jauh lebih tipis dari iPhone 14 Pro. Untuk diketahui, bingkai layar iPhone 14 Pro saja sudah terbilang tipis dengan ketebalan hanya 2,2 mm.

Bukan kali pertama Apple mengadopsi layar berjenis LIPO. Sebelumnya, raksasa Cupertino itu sudah menggunakannya untuk Apple Watch Series 7, dan sekarang menurunkannya ke seri iPhone, dan mungkin saja akan diimplementasi pada iPad Pro generasi berikutnya.

Selain bingkai layar yang jauh lebih tipis, Apple juga akan menggunakan material titanium untuk bodi iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Ini kali pertama Apple beralih dari stainless steel sejak iPhone X ke bahan dasar titanium yang lebih kuat dan ringan.

alt-img

Dikutip dari GSMArena, bukan cuma dua itu saja pembaruan yang diberikan Apple. Di sisi kamera, lagi-lagi untuk pertama kalinya, Apple akhirnya menerapkan sistem kamera periskop pada iPhone-nya.

Kamera telephoto dengan lensa periskop sudah lama digunakan smartphone flagship Android. Dan akhirnya, Apple menerapkan teknologi ini khusus untuk iPhone 15 Pro Max. Kabarnya, smartphone ini punya kamera periskop dengan kemampuan 6x optical-zoom.

Dan sudah pasti, baik iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max ditenagai prosesor terbaru Apple A17 Bionic dengan arsitektur 3nm TSMC. Juga, iPhone 15 Series sudah meninggalkan port Lightning dan beralih ke USB-C untuk memenuhi permintaan Uni Eropa.

Siap-siap harganya lebih mahal

Dengan deretan upgrade spesifikasi yang dikasih Apple, fanboy pun harus siap-siap merogoh kocek lebih dalam lantaran harga iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max bakal makin mahal.

Rumornya, harga iPhone 15 Pro lebih tinggi USD100 atau Rp1,5 jutaan dibanding iPhone 14 Pro. Sedangkan iPhone 15 Pro Max lebih mahal USD200 atau Rp3 jutaan dibandingkan seri tahun lalu. Jadi, masih berminat membelinya?

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini