icon-category Auto

Spek Teknis GR Corolla, Lebih Buas dari GR Yaris?

  • 07 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Kalau sebelumnya lebih dulu hadir GR Yaris, kini dilahirkan kembali GR Corolla berdasarkan keinginan kuat untuk menghadirkan kembali Corolla yang memikat penggemarnya.

    embel-embel GR di depan namanya tentu bukan sembarangan. Konsep dasarnya adalah membuat mobil balap yang bisa memenangkan kejuaraan, tapi tersedia secara komersial dan bisa digunakan sebagai mobil harian.

    Dan Toyota jelas gak bercanda ketika membekali GR Corolla dengan mesin yang punya tenaga buas, dan bahkan jauh lebih buas dari GR Yaris.

    Baca juga: Jajal Mobil Listrik Termurah MG ZS EV, Kencangnya Senyap!

    Mesin kompak dan powerful

    GR Corolla sebenarnya pakai mesin kompak 3 silinder yang sama dengan GR Yaris. Mesin berkapasitas 1.600cc ini sudah disokong turbo intercooler. Namun, Toyota sudah melakukan peningkatan performa, untuk membedakan kasta-nya dari GR Yaris.

    Maka tenaga sebesar 304 Ps (GR Yaris 272 Ps) dan torsinya 370 Nm pada 3.000 - 5.550 Rpm.

    Efisiensi knalpot ditingkatkan untuk mencapai output yang lebih tinggi dari mesin kompak, ringan, dan berdaya tinggi ini.

    Valve-equipped triple-exhaust muffler mengurangi tekanan gas buang dan kebisingan sehingga mesin memberikan akselerasi yang luar biasa dan peningkatan putaran mesin yang lebih menyenangkan. 

    GR-FOUR 4WD sangat responsif

    GR Corolla juga mengoptimalkan sistem GR-FOUR 4WD, yang juga terdapat pada GR Yaris, menciptakan mobil yang dapat dikendalikan dengan aman, bahkan saat dikemudikan hingga batasnya.

    Sistem GR-FOUR 4WD menggunakan electronic multi-plate clutch guna memberikan gaya penggerak depan dan belakang yang bervariasi.

    Kendati demikian, 4WD pada mode Drive GR Corolla mampu mengontrol respons akselerator, kemudi, dan lainnya secara terpisah sehingga pengemudi bisa memilih preferensi sesuai gaya menyetir atau kondisi jalanan.

    Peningkatan stabilitas saat manuver cepat

    Stabilitas GR Corolla juga dioptimalkan dengan penggunaan pillow-ball bushings, shock absorbers dan per yang dioptimalkan serta wheel alignment yang sesuai dengan transmisi GR-FOUR.

    Hal itu dapat memberikan performa tinggi saat mobil menikung sehingga membuatnya andal melibas rute pegunungan yang penuh tantangan.

    Model ini mengadopsi platform Toyota Corolla Sport sehingga mewarisi stabilitas kecepatan tinggi dari jarak sumbu roda yang panjang.

    GR Corolla menggunakan sumbu roda yang lebih lebar 60 mm di depan dan lebih lebar 85 mm di belakang untuk menghasilkan manuver terbaik pada kecepatan tinggi.

    Sport Hatchback yang fungsional

    Untuk melengkapi paketnya, GR Corolla mempertahankan layout lima pintu dan lima penumpang untuk fungsionalitas terbaik sehari-hari dan kesenangan berkendara.

    Selain menggunakan bahan aluminium untuk kap mesin, pintu belakang, dan panel pintu, bagian atas dari GR Corolla dilengkapi dengan panel atap carbon fiber-reinforced plastic yang dibentuk menggunakan metode compound moulding.

    Meskipun memiliki tampilan luar yang ekstrem dengan aplikasi body kit agresif dilengkapi kisi udara besar untuk pendingin dan aerodinamika, GR Corolla sudah dicoba melalui berbagai medan jalan, bahkan hingga jalan rusak dan salju.

    Dengan begitu, bermodalkan kabin lapang 5 penumpang dan akses bagasi memadai, GR Corolla juga merupakan kendaraan memikat untuk aktivitas harian, demikian dikutip Uzone.id dari website resmi Toyota.

    VIDEO Test Drive Mercy C300 AMG 2022:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini