icon-category Auto

Spesifikasi Ducati Desmosedici GP23, Bentuknya Seperti Motor Lego

  • 24 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: motoGP

Uzone.id - Ducati Lenovo Team menyusul Monster Energy Yamaha dengan secara resmi meluncurkan tim terbarunya untuk motoGP musim 2023 ini.

Bertempat di Madonna di Campiglio Trentino, Italia, Ducati memperkenalkan warna dan grafis terbaru Ducati Desmosedici GP23 yang akan dipakai untuk mempertahankan gelar juara dunia 2023.

Ada perubaha komposisi pembalap. Ducati tentu saja masih diperkuat Pecco Bagnaia yang sudah memutuskan untuk menggunakan nomor start #1. Pembalap Italia itu akan ditemani Enea Bastianini, menggantikan Jack Miller.

BACA JUGA: Yamaha Luncurkan Grand Filano, Suzuki Avenis Menangis

Terkait tampilan motornya, Ducati Desmo GP23 ini semakin terlihat futuristis berkat inovasi terbaru sistem aerodinamika yang terdapat hampir di semua bagian bodi motor tersbut.

Bahkan sekilas, kalau dilihat tampilan motor ini seperti mainan Lego yang cenderung kaku dan kurang indah dilihat, meski secara detail akan sangat-sangat terasa faedah dari serangkaian aerodinamika tersebut.

Bagian depan mungkin masih terlihat keren, meski seperti ada sepasang ‘telinga’ besar di kedua sisi kanan kiri fairingnya. Bagian bawah fairing juga terlihat banyak sirip dan lubang-lubang tambahan untuk mendukung aerodinamika motor.

Bagian belakang jadi sektor yang paling kaku, dengan bodi yang terlihat besar dan kurang porposional dari keseluruhan bodinya. Pada bagian buntutnya terdapat empat sirip tambahan yang banyak disebut sebagai ‘sirip dinosaurus’.

Meski begitu, tampilan motor seperti Ducati ini yang menjadi paling kencang di musim sebelumnya dan bahkan jadi juara dunia MotoGP 2023.

Ducati sendiri tentu saja tidak membeberkan spesifikasi teknis terbaru pada Desmo GP23, namun inovasi aerodinamika akan terus dilakukan pabrikan motor Italia ini.

“Kami akan menghadirkan inovasi aerodinamika berikutnya di Sepang (Malaysia),” ujar Gigi Dall Igna, Direktur Ducati Corse di website resmi MotoGP, dikutip Uzone.id

Secara umum, Ducati Desmosedici 2023 masih mendominasikan warna merah khas Ducati di sekujur tubuh motor. Warna merah tersebut berpadu dengan aksen hitam, dengan sejumlah detail yang membedakan dengan tampilan grafis tahun sebelumnya.

BACA JUGA: Perdana di Dunia, Inilah Dia Toyota Kijang Innova Zenix

Dikutip dari situs resmi Ducati, Ducati Desmosedici GP22 memiliki spesifikasi mesin 1.000 cc, liquid-cooled, 90° V4, 4-stroke, Desmodromic DOHC, four valves per cylinder.

Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga lebih dari 250 Hp yang disalurkan melalui transmisi Ducati Seamless Transmission dan kecepatan maksimalnya tembus 350 km perjam lebih.

Mesin tersebut digendong rangka Twin Spar dengan material aluminium. Sementara kaki-kaki, menggunakan pelek dengan bahan magnesium dan piringan cakram berbahan karbon.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini