Auto

Spesifikasi FIN Komodo KD 250 X Generasi Kelima

  • 07 September 2020
  • Bagikan :
    Spesifikasi FIN Komodo KD 250 X Generasi Kelima

    FIN Komodo (Foto: Uzone.id)

    Uzone.id - Pengalaman menjajal FIN Komodo ketika menjelajahi kawasan wisata off road di hutan pinus Cikole, Lembang, Bandung, Jawa Barat, pada April 2019 begitu membekas. Mobil model buggy ini memang lincah, kuat dan stabil.

    Awalnya sempat berpikir, apakah mobil kapasitas dua tempat duduk ini bisa melewati jalanan yang pekat dengan lumpur. Licin, terjal, dan genangan air cukup tinggi karena kebetulan saat itu sedang musim hujan.

    Ternyata, mudah saja bagi FIN Komodo menerjang jalanan off road di mana pengelola wisata memanfaatkan mobil Range Rover Defender tahun lama, yang sebagian unit sudah swap engine dengan Daihatsu Taft model lama.

    BACA JUGA: Motor Suzuki Katana 150 Siap Mengaspal di Indonesia?

    KD 250 X (Foto: Instagram @finkomodo)

    PT FIN Komodo Teknologi (FKT), produsen FIN Komodo, saat ini menjual model KD 250 X atau facelift, yang merupakan generasi kelima atau generasi terakhir.

    Untuk model KD 250 X cukup istimewa karena hasil pengembangan dari generasi sebelumnya. Ada beberapa revisi yang sudah diterapkan pada KD 250 X dengan mengadaptasi Kendaraan Intai Tempur hasil kerja sama dengan Dislitbang TNI-AD.

    Generasi kelima ini pertama kali dirilis di Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 27 Mei 2017 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

    FIN Komodo facelift ini memiliki ukuran lebih lega dan lebih tinggi. Terdapat USB dan lampu depan memakai LED, juga terdapat lampu rem dan lampu sign yang berguna untuk operasional malam hari.

    Sama dengan generasi sebelumnya, KD 250 X pakai tubular dengan sistem monocoque, dan dianalisa dengan menggunakan metoda perancangan pesawat terbang.

    Hal itu membuat rangka atau bodi mobil ini ringan namun kokoh untuk digunakan di medan off-road, serta dapat melindungi penumpang dari kondisi yang ekstrem secara aman.

    Bodi Fin Komodo bisa ringan dan kuat karena terbuat dari bahan komposit guna menahan lumpur dan kerikil sehingga tetap memberi perlindungan dan kenyamanan kepada pengemudi atau penumpang.

    Untuk kenyamanan menggunakan suspensi double wishbone full independen di bagian roda depan maupun roda belakang. Tak cuma jalanan aspal, jalanan berbatu, tanah dan lumpur kondisi kering maupun basah, bisa mudah dilalui.

    Suspensi juga bisa aman dipakai ketika jalanan menikung atau jalanan miring. Ban yang dipakai khusus medan off-road tipe all terrain sehingga cocok untuk jalanan kering atau basah.

    Di sektor mesin, KD 250 X menggunakan All Terrain Vehicle 4-langkah kapasitas silinder 250cc dan maximum momen puntir 17,6 Nm/5500 rpm. Mesin dipasangkan dengan transmisi otomatis.

    KD 250 X digerakkan roda belakang yang di kunci pada sebuah poros roda (axle) dan ditransmisikan oleh rantai / sprocket. Untuk pengereman mengandalkan cakram dua buah di roda depan dan satu buah di roda belakang. Sistem kemudi mobil ini menggunakan Rack and Pinion.

    Mobil rancangan Ir. Ibnu Susilo yang bermarkas di Cimahi, Bandung, ini terdapat lima varian, yakni KD 250 X Standard, KD 250 X Patroli, KD 250 X Damkar, KD 250 X Medevac, dan KD 250 X Powerspray.

    Berikut spesifikasi FIN Komodo 250 X:


    Mesin Four Stroke, 250 CC

    Max Momen Puntir: 17,6 Nm / 5500 Rpm

    Max. Horse Power: 14 HP/7500 Rpm

    Compression Ratio: 10 : 1

    Sistem Pendingin: Pendingin Air

    Bahan Bakar: Bensin Premium (rekom Pertamax)

    Kapasitas Tangki: 20 Liter

    Stater: Elektrik

    Transmisi: CVT Otomatis, Maju, Netral, Mundur

    Kapasitas Oli Transmisi : 1,2 liter, SAE 10 – 30W

    Kapasitas Oli GearBox: 400 CC, SAE 40W

    Sistem Penggerak: 2 roda belakang dengan sprocket

    Kecepatan Max: 60 Km/Jam

    Rangka: Tubular dan bagasi

    Steering Systems: Rack and Pinion

    Suspensi Depan: Fully independent double wishbone dengan per keong

    Suspensi Belakang: Fully independent double wishbone dengan per keong

    Rem Depan: 2 buah Hidrolik Cakram

    Rem Belakang: Hidrolik Cakram

    Ban Depan: 25 X 8 X 12

    Ban Belakang: 25 X 10 X 12

    Ground Clearance: 300 mm

    Jarak Sumbu Roda: 2000 mm

    Jarak Roda: 1400 mm

    Panjang Total: 2650 mm

    Lebar Total: 1750 mm

    Tinggi Total: 1630 mm

    Berat Kosong: 420 Kg

    Kapasitas Angkut: 200 Kg barang

    Kapasitas Penumpang: 2 (dua) penumpang

    Seat Belt: Menggunakan sistem 4 titik

    Oiya, hari Kamis 10 September 2020 pukul 16.00 WIB, Uzone ID melalui program Uzone Talks - #FounderStories bakal ngobrol seru lho bareng Founder & CEO FIN Komodo Teknologi, Ir. Ibnu Susilo yang akan LIVE di channel youtube Uzone ID.. jangan lupa pantengin yaa!

     

    VIDEO Mitsubishi Eclipse Cross Test Drive, Sepintar Apa Fiturnya?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini