icon-category Gadget

Spesifikasi Gahar iPad Pro 2022, Harga Mulai Rp12 Jutaan

Uzone.id - Bukan cuma tablet murah iPad 10, Apple juga meluncurkan iPad Pro 2022. Sesuai bocoran sebelumnya, ada dua tipe yang dihadirkan berdasarkan ukuran layar, 12,9 inci dan 11 inci.

Untuk model 11 inci, panel yang digunakan adalah Liquid Retina dengan resolusi 2.388 x 1.668 piksel. Intensitas cahayanya maksimal sampai 600 nits, cukup oke untuk pemakaian di luar ruangan.

Sedangkan untuk tipe 12,9 inci, panel yang digunakan adalah mini-LED Liquid Retina XDR dengan resolusi 2.732 x 2.048 piksel dengan kecerahan sampai 1.600 nits. 

Bocoran yang lalu terbukti valid. iPad Pro generasi yang baru sudah ditenagai prosesor Apple M2. Prosesor generasi terbaru ini punya power jauh lebih tinggi dari Apple M1.

Prosesor tersebut setara dengan MacBook Air 2022 dan MacBook Pro 13 inci, sehingga mestinya kinerjanya setara dengan laptop premium Apple tersebut.

Kalau dibandingkan dengan generasi yang lalu, Apple M2 menawarkan performa grafis 35 persen lebih baik, machine learning 40 persen yang kian mengesankan, serta bandwidth memory 50 persen lebih besar.

Baca juga: Apple Upgrade Desain dan Spek iPad 10, Harganya Tetap Murah

“iPad Pro generasi berikutnya mendorong batas-batas dari apa yang mungkin di iPad, menghadirkan lebih banyak keserbagunaan, kekuatan dan portabilitas ke pengalaman iPad terbaik,” kata Greg Joswiak, Apple Senior VP of Worldwide Marketing.

“Didukung oleh chip M2, iPad Pro baru menampilkan kinerja luar biasa dan teknologi paling canggih,” sambungnya.

Lebih lanjut, Apple M2 memiliki mode turbocharger yang bisa mendorong performanya jauh lebih maksimal untuk mengatasi pekerjaan yang lebih berat, seperti desain objek 3D, mengedit foto, proses pencitraan gambar untuk analisis kesehatan lebih lanjut, hingga game AAA yang bakal ditampilkan dengan sangat lancar.

Interaksi layar semakin baik dengan Apple Pencil 2

Spesifikasi iPad Pro 2022 yang mumpuni dan disokong oleh sistem operasi terbaru iPadOS 16, membuatnya mampu memberikan interaksi yang semakin baik, terutama buat pengguna atau kreator konten saat memakai Apple pencil 2.

Apple Pencil 2 memberikan interaksi pada layar semakin baik lagi. Perangkat ini dapat terdeteksi hingga 12mm di atas layar, sehingga pengguna dapat membuat sketsa dan ilustrasi dengan tingkat kepresisian yang lebih tinggi.

Misalnya saja saat menggunakan aplikasi Scribble. Bidang teks secara otomatis meluas saat pensil pintar Apple mendekati layar. Tulisan tangan pun dapat berubah menjadi teks dalam sekejap mata.

Baca juga: Apple Cuma Untung Sedikit dari iPhone 14 Pro Max

“Aplikasi pihak ketiga juga dapat memanfaatkan fitur baru ini untuk mengaktifkan pengalaman menandai dan menggambar yang sepenuhnya baru,” klaim Apple, dalam keterangan resminya.

Fitur lainnya dan harga iPad Pro 2022

iPad Pro 2022 yang baru sudah mendukung koneksi WiFi super cepat berkat teknologi WiFi 6E. Khusus untuk model WiFi + Cellular, koneksi 5G (sub-6GHz dan mmWave) memungkinkan tablet terhubung ke lebih banyak jaringan 5G di seluruh dunia.

Perangkat ini juga sudah mendukung Stage Manager yang meningkatkan experience saat membuka lebih banyak aplikasi dalam satu layar, Reference Mode khusus untuk iPad Pro 2022 12,9 inci yang pas banget buat fotografer ataupun videografer dalam melakukan editing konten, sampai UX (user experience) yang menyamai perangkat desktop dengan layar yang lebih luas.

iPad Pro 2022 juga sudah dibekali dengan sepasang kamera belakang dan satu kamera depan. Di belakang, kamera utamanya 12 MP dengan bukaan lensa f/1.8 dan kamera ultrawide 10 MP dengan bidang pandang hingga 125 derajat.

Baca juga: iPhone 14 Series Lolos TKDN Indonesia, Debut November?

Kamera ini mendukung sejumlah fitur, salah satunya ProRes Video yang memungkinkan pengguna untuk merekam video beresolusi tinggi. Pengguna pun bisa langsung mengedit video yang mereka ambil melalui aplikasi bawaan di iPad Pro 2022.

Sedangkan di depan, kameranya berjenis 12 MP TrueDepth dengan lensa ultrawide 122 derajat. 

iPad Pro 2022 sudah bisa dipesan dengan skema pre-order dengan jadwal pengiriman pada 26 Oktober mendatang. Varian warnanya cuma ada dua, Space Gray dan Silver saja. Berikut ini daftar harga iPad Pro 2022:

  • iPad Pro 11 inci WiFi - USD799 atau Rp12,3 jutaan
  • iPad Pro 11 inci WiFi & Cellular - USD999 atau Rp15,4 jutaan
  • iPad Pro 12,9 inci WiFi - USD 1.099 atau Rp17 jutaan
  • iPad Pro 12,9 inci WiFi & Cellular - USD 1.299 atau Rp20 jutaan

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini