home ×
Auto

Spesifikasi Mercedes-Benz AMG F1 yang Antar Lewis Hamilton Juara Dunia 7 Kali

17 November 2020 By
Spesifikasi Mercedes-Benz AMG F1 yang Antar Lewis Hamilton Juara Dunia 7 Kali
Share
Share
Share
Share

Foto: Mercedes-Benz AMG 

Uzone.id - Lewis Hamilton menyamai rekor juara dunia Formula 1 milik Michael Schumacher, yakni sebanyak 7 kali. Salah satu rahasianya, merek Mercedes-Benz yang setia menemani karirnya.

Lewis selalu menggunakan merek Mercedes-Benz, baik itu pada 2008 saat dirinya masih membela tim Vodafone McLaren Mercedes, dan juga pada 2014, 2015, 2017, 2018, 2019, dan 2020 saat bersama Mercedes AMG Petronas F1 Team.

Tahun ini Lewis menggunakan Mercy AMG F1 berkode W11 EQ Performance, hasil pengembangan dari mobil balap sebelumnya W10.

BACA JUGA: Dorna Umumkan Indonesia Masuk Kalender MotoGp 2021

Meski keliatannya kalau di TV kecil dan kompak, ternyata secara dimensi mobil balap F1 punya dimensi yang tergolong besar.

Mobil ini memiliki panjang lebih dari 5.000 mm, lebar 2.000 mm, dan tinggi 950 mm. Tapi, dimensi besarnya itu hanya punya bobot 746 Kg, ini bahkan sudah termasuk bahan bakar dan bobot pembalap.

Ya, pertimbangan bobot memang jadi salah satu faktor penting penentu kompetitif atau tidaknya sebuah mobil balap. Karenanya, penggunaan material seperti serat karbon banyak diandalkan karena bobotnya ringan.

Mulai dari bodi, mesin, transmisi, suspensi, pengereman, setir, hingga jok. Sedangkan peleknya, menggunakan material yang punya bahan sangat ringan, yaitu magnesium.

Nah, yang paling menarik tentu saja usungan mesinnya. Tapi kalian jangan membayangkan mobil balap F1 bakal menggendong mesin besar dan bertenaga buas.

Para insinyur di balap ini memang murni melakukan rekayasa teknis sedemikian rupa, agar mobil bisa melaju sekencang mungkin dengan bobot seringan mungkin.

Mesinnya berkode M11 dengan kapasitas mesin hanya 1.600cc dan punya konfigurasi silinder V6, yang artinya punya 6 silinder dan sudah disokong turbo.

Mesin itu juga dikombinasikan dengan sistem hybrid canggih dari EQ Performance yang menggunakan 2 motor listrik dan baterai lithium ion.

Sekilas melihat catatan kertas itu seolah biasa saja. Tapi inilah kecanggihan seting para insinyur balap. Mesin tersebut punya tenaga sebesar 950 Hp! Bayangkan, mesin 1.600cc tenaganya nyaris 1.000 Hp!

Tenaga sebuas itu disalurkan ke sepasang roda belakang melalui transmisi otomatis 8 percepatan squential dengan paddle shifter. Gak heran, kecepatan maksimalnya tembus 360 km perjam.

Sementara untuk akselerasi dari diam hingga 200 kilometer per jam, mobil ini hanya butuh waktu sekitar 4,4 detik. Goks...

VIDEO Mitsubishi Xpander Black Edition + Bonus Scene Xpander Cross Rockford Fostgate

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article