icon-category Auto

Spesifikasi Pindad Maung versi Facelift yang dipakai Prabowo dan Jokowi

  • 20 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Uzone.id - Nama Pindad Maung kembali mencuat setelah Prabowo dan Jokowi terlihat mengemudikan kendaraan taktis buatan Indonesia tersebut. Menariknya, Pindad Maung kini terlihat berubah.

Sembari menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan 2023, Jokowi juga sekaligus meresmikan nama mobil Maung buatan Pindad tersebut, juga ikutan menjajalnya langsung bersama Prabowo.

Kalau sebelumnya Pindad Maung punya karakter desain serba kotak, kini sudah jauh berubah dan terlihat lebih matang secara desain. Mulai dari bagian kap mesin yang kini punya sudut membulat.

BACA JUGA: Perdana di Dunia, Inilah Dia Toyota Kijang Innova Zenix

Grill dan sepasang lampu utamanya juga punya desain baru, termasuk bagian bumper yang kini terlihat lebih seperti mobil, ketimbang kendaraan tempur.

Bagian samping dan atap juga berubah dari model prototipe yang masih tertutup terpal di atap dan dilengkapi pintu serta jendela.

Kini Pindad Maung punya atap terbuka dan pintu kanan kirinya tidak menggunakan jendela kaca. Dibagian belakang, dengan konsep double cabin, masih menyisakan space untuk menyimpan peralatan dan ban serep.

Secara dimensi, Pindad Maung punya dimensi panjang 4.931 mm, lebar 1.640 mm, tinggi 1.820mm, dan jarak sumbu roda 3.090 mm. Mobil ini juga masih dibekali dengan mesin diesel Toyota Hilux, yang berkapasitas 2.494cc.

BACA JUGA: Yamaha Luncurkan Grand Filano, Suzuki Avenis Menangis

Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 149 Hp dan torsinya 400 Nm dan bisa dipacu sampai denagn kecepatan 120 km per jam.

Disektor kaki-kaki, Maung dibekali velg 17 inchi yang dibalut dengan ban Mud Terrain (MT), ditopang suspensi independen coilover di depan dan suspensi rigid di belakang, juga dengan coilover 4 link.

Pada versi kendaraan taktis, Pindad Maung bisa dilengkapi dengan senjata 7,62 mm, konsol senapan SS2-V4. Ada juga hi-lift jack, winch 4,5 ton, alat pemadam api ringan (APAR), dan 4 titik derek.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini