icon-category Auto

Spesifikasi Suzuki GSX-RR yang Membawa Joan Mir Juara Dunia MotoGP

  • 16 Nov 2020 WIB
Bagikan :

Foto: Suzuki Racing Team

Uzone.id - Suzuki akhirnya kembali mencatatkan nama salah satu pembalapnya sebagai juara dunia. Setelah penantian selama puluhan tahun.

Tentunya selain pembalap, ada pengembangan motor yang berjalan dengan sempurna hingga akhirnya kompetitif di lintasan.

Suzuki GSX-RR. Motor yang ekstraknya sudah banyak seliweran di Tanah Air melalui sosok GSX-150R, bahkan ada yang khusus mengusung livery motoGP 2020.

Tapi versi prototipe-nya yang dipakai di motoGP tentu lain cerita..

BACA JUGA: Dorna Umumkan Indonesia Masuk Kalender MotoGp 2021

Sebelum menggunakan motor ini, pada era tahun 2000an, Suzuki masih menggunakan motor GSV-R sampai tahun 2011, sampai mereka memutuskan untuk mundur dari ajang motoGP.

Ketika comeback di tahun 2014, Suzuki sudah menyiapkan motor prototipe yang baru, Suzuki GSX-RR dengan sokongan meisn berkapasitas 1.000cc 4 silinder segaris DOHC.

Mesin tersebut bisa menghasilkan daya sebesar 238 Hp dan bisa dikebut sampai dengan kecepatan maksimal 340 km perjam.

Suzuki memilih mesin dengan konfigurasi silinder segaris, ketimbang tipe V seperti Honda atau Ducati. Mesin inline memang tidak sebuas mesin V, tapi diklaim unggul saat menikung.

alt-img

“Mesin V4 punya power lebih besar dibandingkan mesin inline-4, tapi kecepatan menikungnya lambat. Kamu harus bekerja lebih keras untuk menguasainya,” ucap Davide Brivio, Manajer Tim Suzuki Ecstar melansir situs Suzuki Racing Team.

Sebaliknya, tambah Brivio, mesin inline tidak secepat itu, tapi lebih lincah dan lebih cepat saat menikung. Jadi Suzuki lebih memilih handling motor lebih baik ketimbang powernya.

Brivio juga mengatakan mesin inline-4 cenderung lebih cocok untuk pebalap rookie dan pebalap dengan gaya balap tertentu.

Sedangkan mesin V4, cocok buat pebalap agresif meski butuh proses penyesuaian untuk memahami karakter mesin tersebut.

Secara dimensi, motor ini juga tergolong kompak. Dimensinya 2.096 mm x 720 mm x 1.140 mm dan mengusung sasis twin spar berbahan alumunium, dengan total bobot 157 kilogram.

Sektor kaki-kakinya dibekali sistem suspensi Ohlins dan kaliper rem Brembo dengan cakram yang terbuat dari serat karbon.

Hasilnya? Suzuki akhirnya juara dunia, terlepas dari saat ini kondisi pandemi atau absennya Marc Marquez di motoGP tahun ini.

VIDEO Mitsubishi Xpander Black Edition + Bonus Scene Xpander Cross Rockford Fostgate

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini