icon-category Gadget

Spesifikasi Vivo X Fold+, Lawan Sepadan Samsung Galaxy Z Fold4

Uzone.id - Persaingan smartphone lipat makin sengit dengan hadirnya Vivo X Fold+. Tambahan ‘+’ di bagian belakangnya merupakan representasi penggunaan prosesor Snapdragon 8+ Gen 1 terbaru dan adanya opsi warna yang terlihat makin kece.

Vivo X Fold+ ditenagai prosesor yang serupa dengan pesaingnya, Samsung Galaxy Z Fold4. Snapdragon 8+ Gen 1 menawarkan tenaga 10 persen lebih kencang dari Snapdragon 8 Gen 1, juga 30 persen lebih hemat daya.

Kapasitas baterai di ponsel ini lebih besar dari Vivo X Fold, tepatnya menjadi 4.730 mAh naik dari 4.600 mAh pada model standar. Vivo mengklaim, chipset yang lebih efisien dan kapasitas baterai lebih besar, bikin ponsel lipat ini punya tambahan waktu 2 jam untuk memutar video sampai baterainya benar-benar habis.

Begitu juga dengan kemampuan fast charging-nya yang lebih kencang. Vivo X Fold+ bisa diisi dayanya dengan teknologi fast charging 80W, sehingga ngecas 18 menit baterai sudah terisi sebanyak 70 persen. 

Full charge butuh waktu 35 menit,” klaim Vivo.

Baca juga: Hands-on Samsung Galaxy Z Fold4 dan Flip4

Beda dengan Samsung, Vivo tetap menyertakan adaptor charger bawaan dengan output 80W. Sementara kemampuan wireless charging-nya masih 50W.

Spesifikasi Vivo X Fold+ lainnya

Smartphone ini dilengkapi dengan layar fleksibel berukuran 8 inci dengan rasio 4:3.55. Layar berjenis LTPO beresolusi 2K ini dilapisi UTG alias ultra thin glass dan sudah mendukung refresh rate adaptif dari 1Hz sampai 120Hz.

Di bagian luar, ada layar E5 OLED 3.0 berukuran 6,53 inci dan beresolusi Full HD+ dengan rasio sinematik 21:9. Lebih baik lagi pesaingnya, layar smartphone ini sudah disematkan ultrasonic fingerprint di bagian dalamnya, sama seperti Vivo X80 Pro.

Vivo X Fold+ diperkuat dengan engsel yang tangguh serta dapat dibuka dalam berbagai angle. Perangkat ini pun ditujukan bukan cuma untuk kerjaan mobile saja, tapi juga untuk kebutuhan multimedia lantaran speaker stereo yang berkualitas tinggi dan jernih.

Soal kamera, di belakang terdapat kamera utama 50MP dengan sensor GN5 dan sudah dilengkapi OIS atau optical image stabilization

Dipasangkan dengan kamera ultrawide 48MP dan sepasang kamera tele beresolusi 12MP dan 8MP dengan lensa periskop yang juga didukung OIS. Pastinya, konfigurasi kamera ini didukung oleh teknologi Zeiss.

Harga dan pilihan warna

Warna baru Huaxia Red jadi salah satu kelebihan dari Vivo X Fold+. Unit dengan warna ini memiliki penampang belakang berbahan kulit sintetis yang nyaman di tangan penggunanya.

Baca juga: Review Vivo X80 Pro: Gampang Panas, Kamera Bikin Takjub

Vivo pun turut menyediakan casing berbahan dasar yang sama dalam paket pembelian sebagai bonus dari pemesanan via skema pre-order.

Soal harga, Vivo X Fold+ dijual dengan harga CNY10.000 atau setara Rp21,1 jutaan untuk model RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB. Sementara untuk versi 12/512 GB, dijual di harga CNY11.000 atau setara Rp23.2 jutaan.

Sayangnya, ponsel lipat tersebut baru tersedia di China saja.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini