icon-category Gadget

Spesifikasi Vivo Y16, Harga Sejutaan dan Sudah Tahan Air

Uzone.id - Persaingan di segmen smartphone harga Rp1 jutaan di Indonesia semakin seru dengan kedatangan Vivo Y16. Smartphone ini memiliki beberapa fitur andalan sebagai daya tarik utamanya, termasuk baterai jumbo, prosesor dengan fitur Multi Turbo terbaru, sampai kemampuan tahan percikan air dan debu.

Vivo Y16 diklaim sebagai smartphone dengan spesifikasi yang dapat mendukung aktivitas multitasking dan hiburan penggunanya, Gilang Pamenan selaku Product Manager Vivo Indonesia menyebut, seri Y16 dijejali serangkaian inovasi yang bikin pengalaman penggunaan tetap maksimal sepanjang hari.

“Kami menghadirkan vivo Y16 dengan serangkaian inovasi teknologi yang relevan dengan kebutuhan konsumen masa kini dengan peningkatan dari segi desain, kamera, dan performa,” jelasnya, dalam keterangan resmi kepada tim Uzone.id pada Kamis (1/9).

Dari tampilan, Vivo gak bikin ponsel ini terlihat murahan, walau harganya tak lebih dari Rp 2 juta. Desain smartphone ini kelihatan berkelas berkat teknologi Dynamic Design rancangan Vivo yang dipadukan dengan Crystalline AG Matte dan Dynamic Color.

Dengan ini, Vivo Y16 tampil dengan warna yang bisa berubah-ubah dari berbagai sudut pandang. Adapun untuk pilihan warna, ada opsi Drizzling Gold dan Stellar Black.

Baca juga: Rekomendasi 10 Smartphone 5G Murah di Indonesia

Berkat lapisan AG Matte, penampang belakang smartphone ini tahan goresan halus dan jejak sidik jari. Ditambah dengan rating IPX3 dan IPX5 tahan percikan air dan debu yang bikin penggunanya lebih nyaman memakainya dalam berbagai kondisi apapun.

Spesifikasi Vivo Y16

Smartphone ini mengusung layar berjenis IPS LCD berukuran 6,51 inci dengan resolusi HD+. Layarnya sudah didukung oleh mode Eye Protector yang bikin mata pengguna lebih nyaman saat memakainya dalam waktu yang lama.

Tepat di atasnya, terdapat poni atau notch yang jadi tempat bagi kamera depan 5MP. Sementara di belakang, tersemat tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 13MP dan sepasang kamera 2MP untuk makro dan bokeh.

Ketiga kamera ini dijejalkan ke dalam dua lingkaran kamera berbentuk lumayan besar, bak sebuah ponsel flagship Android yang harganya berkali-kali lipat.

Terkait kamera, Vivo menyematkan fitur berbasis AI atau kecerdasan buatan, seperti Super Macro, Super Bokeh, AI Face Beauty 2.0, Aura Screen Light, Super HDR, dan AI Instant Vlogging yang telah ditingkatkan.

“Dengan begitu, pengguna mampu mengekspresikan kreativitas mereka melalui hasil tangkapan kamera dengan kualitas gambar yang menakjubkan dan cerah meski gambar diambil dalam situasi yang minim cahaya sekalipun,” imbuh Gilang.

Baca juga: Daftar Smartphone Oppo yang Dapat Update ColorOS 13

Selain mengandalkan baterai 5.000 mAh, smartphone ini sudah ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio P35 yang turut disokong oleh Multi Turbo 5.5, Ultra Game Mode dan Cooling System yang akan memberikan pengalaman bermain game lebih baik dengan menjaga suhu tetap stabil serta mengurangi stuttering dan lag.

Untuk sisi sistem operasinya, Vivo Y16 sudah berjalan pada Funtouch OS 12 berbasis Android 12 yang disempurnakan dengan fitur widget, nano music player, serta iManager.

Harga dan ketersediaan

Vivo Y16 cuma tersedia dalam satu varian RAM dan memori penyimpanan saja, yaitu 3/32 GB dengan harga Rp1,7 jutaan. 

Konsumen sudah bisa mendapatkan vivo Y16 melalui program Selling Day yang dimulai pada tanggal 2 September 2022. Setiap pemesanan Vivo Y16 pada program Selling Day, konsumen bisa menikmati ragam benefit yang ditawarkan berupa VIP Prime serta aksesori orisinal dari Vivo senilai Rp200.000.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini