icon-category Digilife

Spotify dan Apple Music Punya Saingan Baru, TikTok Music!

  • 01 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Juja Han @juja_han/Unsplash

    Uzone.id - Melihat banyaknya musik-musik trending lewat video TikTok, gak heran kalau aplikasi populer ini akan meluncurkan layanan streaming musik sendiri bernama TicToc Music.

    Gak cuman gosip, seorang insider menemukan kalau TikTok sedang mengerjakan rencana tersebut dan bahkan sudah melakukan pengajuan paten, menurut The Verge.

    ByteDance mengajukan merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang di AS atas nama ‘TikTok Music’ pada bulan Mei lalu. Menurut pengarsipan, layanan tersebut memungkinkan pengguna membeli, memutar, berbagi, dan mengunduh musik.

    Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk menciptakan lagu, berbagi, dan merekomendasikan playlist musik. Tak hanya itu, pengguna juga bisa mengirimkan komentar pada musik, dan juga livestream audio dan video.

    Baca juga: WA Bisa Diintip Setelah Kominfo Terapkan Aturan PSE? Ini Kata Siber Polri

    Melihat popularitas TikTok yang hingga saat ini belum terkalahkan, bisa jadi TikTok Music ini jadi saingan berat platform musik seperti Spotify dan Apple Music.

    Tak hanya di AS, ByteDance juga kabarnya sudah mendaftarkan paten TikTok Music di Australia pada November lalu. Ini juga bukan kali pertama ByteDance nyemplung ke industri streaming musik.

    Tahun 2020 lalu, ByteDance meluncurkan aplikasi streaming ‘Resso’ di India, Brazil dan Indonesia. Fitur-fitur yang ada di TikTok Music juga mirip dengan fitur-fitur di aplikasi ini. 

    Walaupun tidak terlalu terkenal dan booming seperti TikTok, Resso dari ByteDance ini masih didorong oleh perusahaan untuk terus berjalan. Di negara seperti India, pertumbuhan Resso mengalami kenaikan hingga 304 persen antara Januari 2021 hingga Januari 2022.

    Baca juga: Curhatan Developer Game Lokal yang Terimbas Aturan Blokir Kominfo

    Begitupun dengan laporan The Information yang mengatakan kalau Resso memiliki lebih dari 40 juta pengguna bulanan di India, Brasil dan juga Indonesia pada November tahun lalu.

    Belum jelas apakah ByteDance akan mengembangkan layanan musik sendiri dengan nama TikTok Music atau melanjutkan Resso dan mengaitkannya dengan aplikasi video pendek tersebut. Namun, tujuan ByteDance dengan menggunakan nama TikTok akan memberikan dampak besar pada aplikasi musik tersebut nantinya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini