icon-category Digilife

Spotify Dirangkul Kominfo, Bikin Program Kelas Podcast Gratis

  • 24 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Soundtrap (Unsplash)

    Uzone.id - Saat ini, selain mendengarkan musik dan radio, masyarakat Indonesia juga gemar mendengarkan siaran podcast yang hadir di platform musik streaming seperti Spotify, apalagi generasi-generasi muda.

    Melihat potensi dari generasi-generasi muda Indonesia di bidang podcasting, Kominfo, Siberkreasi beserta Spotify menghadirkan kembali program ‘Kelas Podcast Siberkreasi 2022’ untuk kalian yang ingin meningkatkan keahlian di bidang podcast.

    Program ini hadir tanpa dipungut biaya alias gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. Catat tanggalnya ya, Kelas Podcast Siberkreasi 2022 akan digelar mulai hari Sabtu tanggal 26 Februari 2022 mendatang.

    Sebelumnya, untuk menandai dimulainya program Kelas Podcast Siberkreasi 2022, Kementerian Kominfo dan Siberkreasi telah menggelar webinar bertajuk Gelombang Baru Siniar Generasi “Halu”? pada 16 Februari 2022 lalu.

    Program ini sudah ada semenjak tahun 2020 lalu dengan menjangkau lebih dari 30 ribu peserta seluruh Indonesia. Dengan menggandeng Spotify, Kominfo dan Siberkreasi menargetkan sekitar 50 ribu peserta tambahan nih di tahun 2022.

    “Program tahun ini dirancang lebih tersegmentasi karena semua lapisan masyarakat kita akan dapat menerima substansi dan materi yang lebih sesuai,” ungkap Semuel A. Pangerapan, Direktur Jenderal Penerapan Informatika Republik Indonesia, Rabu, (23/02/2022).

    Baca juga: Makin Disukai, Tren Podcast di Indonesia Terus Meningkat

    “Kerja sama dengan Spotify ini merupakan langkah nyata dari kami untuk membawa program ini kepada lebih banyak lagi anak muda di seluruh Indonesia,” lanjutnya.

    Carl Zuzarte, Head of Studio Spotify Southeast Asia mengatakan bahwa Spotify telah secara aktif bekerja sama dengan kreator di Indonesia untuk membangun program Eksklusif dan Original sejak tahun 2019 dan akan terus mencari lebih banyak cara lagi untuk mendukung dan membangun komunitas podcast di Indonesia.

    “Karena itu, kami sangat bersemangat untuk bekerja sama dengan Kementerian Kominfo dan Siberkreasi dalam membantu ribuan calon podcasters mengasah kreativitas dan memaksimalkan medium ini,” ujarnya.

    Melalui keterlibatan Spotify dalam Kelas Podcast Siberkreasi 2022, peserta dapat mengambil manfaat dari pemahaman terhadap podcast yang disediakan oleh platform streaming audio.

    Apa saja sih yang bisa didapat dari program ini?

    Tentunya, peserta bisa mendapat tips dan trik terbaik di kelasnya tentang cara membuat saluran podcast mereka sendiri. 

    Mulai dari mengidentifikasi sasaran dan ceruk pendengarnya, mengatur transkrip, memanfaatkan media sosial untuk promosi serta mengembangkan podcast mereka, dan bahkan pelatihan suara. Program ini juga akan memberikan materi podcast dan ide konten untuk memulai perjalanan para peserta. 

    Sebagai bagian dari program ini, peserta juga mendapatkan informasi dari Spotify tentang cara terbaik untuk memanfaatkan perangkat gratis dari Spotify bernama ‘Anchor’ untuk membuat dan mendistribusikan podcast, begitu peserta siap untuk memulai perjalanan podcast mereka.

    Dari rangkaian Kelas Podcast 2022, pelatihan pertama akan dipandu para perempuan terbaik dibidangnya, dengan rangkaian materi berjudul Suara dari Perempuan untuk Perempuan. Pelatihan ini dilaksanakan pada 26 Februari 2022 dipandu oleh Natalie Indry, Penyiar TV dan Radio lalu Bintang Cahaya yang merupakan Host dan Kepala Penyiaran Kelas Broadcasting Indonesia (Voice Coaching), Ida Umamah seorang mantan jurnalis dan Host “I Think I Wanna Date You” dan masih banyak lagi.

    Baca juga: Spotify Tambah Fitur Rating Bintang 5 Untuk Podcast

    Gak cuman itu, ada juga sesi pelatihan dari pakar-pakar beragam di bidangnya seperti olahraga, keagamaan, kelompok disabilitas dan lainnya yang akan menjadi rangkaian program Kelas Podcast 2022.

    Kominfo, Siberkreasi dan juga Spotify mengharapkan rangkaian Kelas Podcast Siberkreasi 2022 ini dapat menumbuhkan talenta digital Indonesia yang mampu menciptakan konten podcast yang menarik, positif, dan tentunya juga berdampak besar pada masyarakat.

    Buat kalian yang ingin mengikuti program Kelas Podcast Siberkreasi 2022, kalian bisa mulai mengikuti programnya melalui situs s.id/siniarperempuan atau klik link ini untuk daftar secara langsung.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini