Digilife

Spotify Hapus Ratusan Lagu K-Pop di Seluruh Dunia Jadi Trending Topic

  • 01 March 2021
  • Bagikan :

    IU (Foto: Instagram @dlwlrma)

    Uzone.id - Spotify telah menghapus ratusan lagu K-Pop dari platform di seluruh dunia pada hari ini, Senin (1/3/2021).

    Tentu saja, begitu banyak lagu K-Pop yang menghilang mengundang rasa kecewa dari para pencintanya, termasuk dari kalangan netizen Indonesia. 

    Kata "Spotify" pun telah masuk lima besar trending topic Indonesia dan telah mendapat lebih dari 1,9 juta twit.  

     

     

     


    Netizen dengan akun Twitter @lemonphobic telah melaporkan para musisi Korea yang ikut terpengaruh, yakni Wei, Epic High, June, IU, Cherry Bullet, Cravity, GFriend, Mamamoo, CL, Nu'est, dan banyak lagi. Untuk lengkapnya bisa cek di bawah ini.

    Tablo dari Epic High menjelaskan melalui twit alasan Spotify hapus ratusan lagu K-Pop dari platform di seluruh dunia.

    "Rupanya ketidaksepakatan antara distributor kami Kakao M dan Spotify telah membuat album kami Epic High Is Here tidak tersedia secara global, bertentangan dengan keinginan kami.

    Terlepas dari siapa yang salah, mengapa selalu seniman dan penggemarnya yang menderita ketika bisnis lebih mengutamakan keserakahan daripada seni?".


    Juru bicara Spotify memberikan pernyataan kepada NME bahwa katalog Kakao M tidak lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021 dengan alasan "karena lisensi kami telah berakhir"

    "Kami telah bekerja dengan Kakao M selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui perjanjian lisensi global, sehingga musik artis mereka akan tetap tersedia bagi 345 juta+ pendengar Spotify di hampir 170 pasar di seluruh dunia," kata mereka.

    "Terlepas dari upaya terbaik kami, kesepakatan lisensi yang kami miliki dengan Kakao M (yang mencakup semua negara selain Korea Selatan) telah berakhir.

    Fakta bahwa kami belum mencapai kesepakatan tentang kesepakatan global baru sangan disayangkan untuk artis mereka, serta untuk pendengar di seluruh dunia.

    Kami berharap gangguan ini bersifat sementara dan kami bisa segera menyelesaikan situasi tersebut. Kami tetap berkomitmen untuk bekerja dengan pemegang hak lokal termasuk Kakao M, untuk membantu menumbuhkan pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan."

    VIDEO Galaxy S21 Review, Ponsel Terbaik Tahun 2021