icon-category Digilife

Spotify Jadi 'Juara Bertahan' di Pasar Streaming Musik Dunia

  • 26 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto oleh Age Barros (Unsplash)

    Uzone.id - Spotify kembali dikukuhkan sebagai ‘raja’ untuk platform musik paling populer selama pertengahan 2021.

    Meninggalkan jauh pesaingnya Apple Music dan YouTube Music, Spotify berhasil menduduki pangsa pasar sekitar 31 persen dengan pelanggan mencapai 162,4 juta, menurut laporan lembaga riset Midia, dikutip dari The Verge.

    Sementara itu, Apple Music berada di posisi kedua dengan angka 15 persen, hampir setengahnya dari pangsa pasar Spotify.

    Baca juga: Spotify Ikut-ikutan ‘Demam’ Spider-Man: No Way Home

    Meski begitu, Spotify mengalami penurunan pelanggan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2020, Spotify berhasil menggaet sebanyak 165 juta pelanggan dengan pangsa 33 persen.

    Midia juga menyebut bahwa pelanggan streaming musik di pertengahan 2021 mencapai setengah miliar lebih, yaitu 523,9 juta. 

    Dengan rincian, Spotify memiliki lebih dari 162,4 juta pelanggan, Apple Music di hampir 78,6 juta pelanggan, Amazon Music dan Tencent Music eksklusif China sekitar 68,1 juta, dan YouTube Music sebanyak 41,9 pelanggan.

    Baca juga: Spotify Tambah Fitur Rating Bintang 5 Untuk Podcast

    Meski kalah jauh dari Spotify, bukan tidak mungkin jika platform lain menyalip posisi tersebut di waktu yang akan datang. Meski butuh waktu yang cukup lama, Apple Music Dkk masih punya harapan untuk mendominasi pasar streaming musik.

    Apalagi beberapa platform terus berbenah dengan menghadirkan fitur-fitur seperti audio lossless dan spasial yang membuat pelanggan makin betah menikmati musik yang mereka dengarkan.

    Begitupun Amazon yang berhenti membebankan biaya tambahan untuk streaming lossless, alias menggratiskan fitur tambahan tersebut.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini