icon-category Auto

Sri Mulyani Jual Semua Mobil Pribadi? Pensiun Pilih Toyota Prius

  • 27 Oct 2019 WIB
  • Bagikan :

    Toyota Prius PHV GR Sport (Auto Evolution)

    Uzone.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani ternyata sudah menjual semua mobilnya, berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2016.

    Padahal, ketika Sri Mulyani bikin LHKPN tahun 2004, dia diketahui punya Toyota Camry tahun 2009. Selain itu, beliau juga punya Toyota Kijang tahun 1998.

    Namun, dalam LHKPN tahun 2016, Sri Mulyani tak lagi mencantumkan mobil yang ia miliki dalam daftar alat transportasi dan mesin.

    Jika benar Sri Mulyani sudah tak punya mobil pribadi lagi, setidaknya dia tak merasa khawatir karena selama menjabat menteri memang mendapat fasilitas mobil dari negara untuk menunjang kinerjanya.

    Apalagi, Sri Mulyani yang kembali ditunjuk sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Maju, akan mendapatkan mobil dinas baru Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid.

    Baca juga: 8 Ratus Ribu Unit Lebih Toyota Prius Bermasalah

    Sumber dari Toyota mengatakan, mobil untuk para menteri dalam Kabinet Indonesia Maju sudah bisa dioperasikan mulai pekan depan.

    Mobil yang ditanamkan mesin 2.487 cc 4 silinder Dynamic Force Engine itu merupakan mobil yang ramah lingkungan. Menggunakan standar pengetesan JC08, konsumsi bahan bakarnya sekitar 20,8 km/L.

    Selain lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar, Toyota Crown juga memiliki emisi yang rendah yang menjadikannya lebih ramah lingkungan yaitu 112.0 g/km.

    Video Test Drive Toyota Calya Facelife

    Oh, rupanya Sri Mulyani ingin mengganti mobil tuanya dengan mobil ramah lingkungan. Buktinya, wanita kelahiran Bandar Lampung, Lampung, 26 Agustus 1962 itu juga sudah punya pilihan mobil yang akan dibeli saat pensiun nanti. Beliau memilih mobil ramah lingkungan Toyota Prius PHV GR Sport.

    Sri Mulyani sempat duduk di belakang setir Prius PHV GR Sport saat di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang digelar di ICE, BSD City, Tangerang Selatan, Banten, pada bulan Juli lalu.

    "Kalau saya pensiun menteri naik ini (Prius). Keren, ini mobil saya sesudah jadi menteri," tutur Sri Mulyani kepada media saat itu.

    Prius PHV GR Sport menggunakan mesin 2ZR-FXE 4 Silinder Segaris 16 Katup Single VVT-i 2.797 cc, yang bisa menyemburkan daya maksimal 96,5 hp per 5.200 rpm dan torsi maksimum 142 Nm per 3.600 rpm. Sedangkan untuk tenaga motor listrik punya kekuatan daya 72 Ps per 53 kw.

    Di Jepang, harga Prius PHV GR Sport mulai 3,6 juta yen atau jika dirupiahkan sekitar Rp 477 juta.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Tags : Sri mulyani prius toyota 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini