home ×
News

Startup Timur Tengah GetLaundry Mulai "Cuci Baju" di Indonesia

28 October 2016 By
Startup Timur Tengah GetLaundry Mulai
Share
Share
Share
Share


Perkembangan penggunaan smartphone serta jumlah penduduk yang banyak, memang menjadikan Indonesia sebagai pasar yang “seksi” bagi para pelaku startup di luar negeri. Hal tersebut pula yang menjadi alasan sebuah startup jasa laundry yang berasal dari Uni Emirat Arab, GetLaundry, untuk menghadirkan layanan mereka di Indonesia.

Sebelum di Indonesia, GetLaundry menyatakan kalau layanan mereka juga sudah hadir di beberapa negara lain, seperti Filipina, Thailand, Malaysia, dan tentu saja di kota Dubai serta Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Di Indonesia sendiri, mereka baru bisa menghadirkan layanan di sebagian wilayah Jakarta dan Tangerang Selatan.

Hadirkan layanan di web dan aplikasi mobile


GetLaundry Situs | Screenshot

Untuk menggunakan layanan GetLaundry, kamu bisa memesan lewat aplikasi mobile yang mereka sediakan. Kamu pun bisa melakukan pemesanan lewat situs GetLaundry, dengan tampilan yang persis dengan aplikasi mobile.

Di halaman utama, GetLaundry langsung menyajikan peta; kamu harus menentukan lokasi penjemputan baju cucian yang kamu inginkan. Jika layanan GetLaundry telah tersedia di lokasi tersebut, maka akan langsung tampil beberapa layanan laundry yang bisa kamu pilih.

Namun apabila layanan GetLaundry belum tersedia di lokasi kamu, maka mereka akan meminta alamat email kamu, dan mengirimkan pemberitahuan apabila di kemudian hari layanan mereka tersedia di lokasi tersebut.

GetLaundry Aplikasi | Screenshot

Ketika memilih layanan laundry, kamu bisa melihat jenis layanan yang mereka sediakan. Ada penyedia jasa yang bisa menerima laundry kiloan, namun ada juga yang tidak. Sayangnya, GetLaundry menetapkan biaya minimum untuk setiap pemesanan sebesar Rp50.000.

Setelah memilih layanan laundry tertentu, kamu harus menentukan tanggal dan jam kapan pakaian kotor kamu harus dijemput dan diantarkan kembali. GetLaundry menyediakan dua pilihan pembayaran, yaitu dengan kartu kredit atau uang tunai. Jika kamu membayar dengan uang tunai, kamu bisa membayarnya saat cucian diambil.

Jumlah laundry yang bekerja sama masih terbatas


GetLaundry mulai hadir di tanah air sekitar sebulan yang lalu. Aplikasi mobile mereka kini telah diunduh oleh 500 pengguna di Indonesia. Sayangnya, saat ini mereka baru mempunyai sepuluh layanan laundry yang bekerja sama dengan mereka.

Untuk mendapat keuntungan, GetLaundry akan mengenakan komisi dari setiap pesanan jasa laundry. GetLaundry sendiri enggan memberitahukan persentase dari komisi tersebut, namun mereka memastikan kalau setiap rekanan laundry tidak akan membayar apa pun di awal kerja sama.

Di Indonesia sendiri, GetLaundry akan bersaing ketat dengan layanan laundry on demand yang telah ada, seperti AhliJasa dan Seekmi, serta para penyedia jasa laundry konvensional. Menarik untuk ditunggu apakah GetLaundry nantinya bisa menjadi layanan laundry terdepan, atau justru gagal bersaing dengan pemain-pemain lokal yang telah ada.

(Diedit oleh Septa Mellina; Sumber gambar: BlogDokter)

This post Startup Timur Tengah GetLaundry Siap Saingi AhliJasa dan Seekmi di Bisnis Laundry appeared first on Tech in Asia.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article