home ×
Technology

Stephen Hawking Mengaku Tahu Apa yang Terjadi Sebelum Big Bang

04 March 2018 By
Stephen Hawking Mengaku Tahu Apa yang Terjadi Sebelum Big Bang
Share
Share
Share
Share

Ilmuwan terkenal Stephen Hawking sering memberikan 'ramalan-ramalan' mengenai masa depan. Misalnya ketika ia mengimbau manusia untuk meninggalkan Bumi karena planet ini tidak akan ramah lagi bagi manusia di masa depan.

Kini, ia kembali memberikan pendapatnya, tapi bukan mengenai masa depan, melainkan masa lalu, tepatnya mengenai bagaimana alam semesta tercipta. Fenomena ledakan dahsyat yang disebut Big Bang adalah peristiwa yang menyebabkan terbentuknya alam semesta berdasarkan kajian kosmologi.

Hawking mengaku tahu apa yang terjadi saat Big Bang belum terjadi. Seperti apa dunia sebelum peristiwa dahsyat itu terjadi dan kapan sebenarnya permulaan waktu dimulai.

Dalam sebuah wawancara dengan ilmuwan populer lain, Neil deGrasse Tyson, Hawking membicarakan teorinya tentang apa yang terjadi sebelum Big Bang. Ia mengatakan, teori yang cocok mengenai hal itu disebut dengan "proposal tanpa batas".

"Dunia memiliki kondisi yang dibatasi, dan itu (sebelum Big Bang) tidak ada batasannya," kata Hawking, kepada Tyson, dilansir Popular Science.

Untuk memahaminya, Hawking menjelaskannya seperti kita menekan tombol 'Rewind' pada sebuah remote control televisi. Saat kita sudah cukup kembali ke masa lalu, sekitar 13,8 miliar tahun lalu misalnya, maka seluruh dunia masih dalam ukuran sebuah atom. Itu dikarenakan dunia disebutnya terus berkembang dan meluas seiring berjalannya waktu.

Bola atom itu dikenal juga sebagai singularitas, yang di dalamnya menyimpan energi panas yang akan meledakkan dirinya hingga terjadi Big Bang. Saat belum ada alam semesta, maka belum ada juga waktu seperti yang kita pahami sekarang.

"Apa yang terjadi sebelum Big Bang tidak bisa didefinisikan, karena ada cara untuk mengukur apa yang terjadi," kata Hawking, dalam proposal 'tanpa batasan' itu.

"Karena momen sebelum Big Bang tidak ada konsekuensi observasional, jadi bisa dikatakan waktu baru dimulai ketika terjadi Big Bang," ucapnya.

Dengan begitu, tidak bisa dijelaskan bagaimana jelasnya yang terjadi sebelum Big Bang. Hal ini tentu masih menjadi misteri bagi kita semua, karena kebenaran Big Bang pun masih sering menjadi perdebatan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article