home ×
Startup

Strategi Ala Sakoo untuk Menetapkan Harga Jual

26 April 2021 By
Strategi Ala Sakoo untuk Menetapkan Harga Jual
Share
Share
Share
Share

Photo by Artem Beliaikin on Unsplash  

Uzone.id - Harga jual merupakan komponen penting yang menunjang sebuah bisnis. Hal ini dikarenakan harga dapat memperlihatkan bagaimana cara kita memposisikan sebuah produk. Tentunya sebagai penjual, kita harus memerhatikan penetapan harga jual produk sehingga nantinya dapat tepat memasarkan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari pelanggan serta mendapatkan keuntungan maksimal.

Jika salah menentukan harga, maka nantinya akan berdampak pula pada tidak efektifnya penjualan produk. Disini, Uzone.id mengutip beberapa penjelasan lebih lanjut dari platform sakoo.id mengenai strategi yang dapat kita terapkan untuk menentukan harga jual suatu produk.

Baca juga: 5 Fitur Sakoo yang Bikin Mudah Kelola Toko Online

Pada dasarnya, sebelum kita menentukan harga jual produk, kita bisa memilih strategi berikut untuk dipertimbangkan:

Penetapan harga yang berorientasi pada biaya
Kita bisa menentukan harga jual produkmu dengan melihat biaya yang dikeluarkan untuk sebuah produk. Biaya ini bisa mencakup biaya pengemasan produk, pembuatan produk/produksi, serta pemasaran produk. Kita bisa menghitungnya dengan cara menjumlahkan semua biaya yang dikeluarkan dengan jumlah keuntungan yang dikehendaki. Atau jika kita tidak memproduksi produkmu sendiri, menentukan harga jual juga bisa dilakukan dengan menambahkan harga beli produk dengan jumlah keuntungan yang ingin diraih. Sehingga nantinya harga jual yang ditetapkan akan menguntungkan bisnis kita dan menutupi semua biaya yang dikeluarkan.

Penetapan harga yang berorientasi pada persaingan
Kita bisa menentukan harga jual produk dengan melihat harga jual para kompetitor di industri yang serupa. Kita bisa memilih apakah harga jual yang diterapkan akan lebih rendah dibanding kompetitor, memiliki harga yang sama dengan kompetitor, atau bahkan lebih tinggi dibandingkan para kompetitor bisnis. Jika kita menerapkan harga jual yang lebih rendah dibandingkan dengan kompetitor, kita bisa menarik konsumen untuk membeli produk lebih banyak. Disisi lain, jika kita menerapkan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor, pastikan kita memiliki nilai tambah yang membedakan produk kita dengan kompetitor ya, agar nantinya kita bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.

Penetapan harga yang berorientasi pada permintaan pelanggan
Harga jual bisa kita terapkan dengan mempertimbangkan permintaan dan keinginan konsumen serta keadaan pasar. Dalam hal ini, kita bisa menyesuaikan harga jual dengan perubahan kondisi yang terjadi di pasar. Seperti contohnya ketika ada permintaan yang tinggi akan produk, kita bisa menetapkan harga jual lebih tinggi dan ketika permintaan akan produk sedang lemah atau menurun, kita bisa menjualnya dengan harga yang relatif lebih rendah. Hal ini bertujuan agar kita bisa memaksimalkan keuntungan dari produk yang kamu jual.

Baca juga: Strategi ala Sakoo Agar Bisnis Kuliner Tetap Eksis Selama Ramadan

Di atas adalah 3 macam strategi ala sakoo yang bisa kita terapkan dalam menentukan harga jual produk. Apapun strategi yang dipilih, tentunya harus dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan produk yang dijual. Sakoo mempunyai fitur akunting yang bisa menghitung keuntungan penjual. Hal ini diperoleh dengan mengisi harga jual produk dan merincikan catatan biaya yang dikeluarkan oleh penjual. Coba sekarang di Sakoo.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id