home ×
Digilife

Studi Produsen Casing Sebut Radiasi iPhone Pro 11 Pro di Level Berbahaya

06 February 2020 By
Studi Produsen Casing Sebut Radiasi iPhone Pro 11 Pro di Level Berbahaya
Share
Share
Share
Share

 

 

Uzone.id - Sebuah studi mengklaim telah menemukan bukti bahwa radiasi di iPhone Pro 11 telah masuk kategori berbahaya bagi konsumen. Level radiasi dari smartphone tersebut berada lebih dari dua kali lipat dari yang disarankan.

Secara spesifik, hasil yang ditabulasikan oleh RF Exposure Lab mengungkap bahwa radiasi frekuensi radio (RF) dari iPhone 11 Pro lebih besar dua kali lipat dari standard yang telah ditetapkan oleh Federal Communication Commission (FCC). Dalam penelitiannya, RF EL meletakkan iPhone 11 Pro dengan jarak 5mm dari mannequin.

"Dari jarak 5mm saja, paparannya dua kali lipat berbahaya dari standard FCC, apalagi jika pengguna meletakkan iPhone 11 Pro di kantong  Pengguna ponsel harus mewaspadai bahaya paparan radiasi ini," ujar penggagas penelitian tersebut, Penumbra Brands melalui CTO-nya, Ryan McCaughey, dilansir BGR.

Sayangnya, saat melihat tabel yang disertakan, BGR menganggap jika pernyataan ini merupakan 'selubung iklan' untuk casing yang dijual oleh Penumbra Brands.

Dalam tabel tersebut, Penumbra menyertakan data pembanding saat perangkat yang diuji telah diengkapi dengan casing buatannya yang dilengkapi dengan teknologi bernama alara. Ya, namanya Gadget Guard slim case with alara technology.

"Casing yang dilengkapi dengan Alara memiliki kemampuan untuk berpasangan dengan antena selular secara otomatis. Teknologi ini bisa menjauhkan radiasi dari pengguna sehingga mengurangi paparannya. Hasil tes FCC menunjukkan teknologi alara mampu mengurangi radiasi sampai 67 persen," tulis McCaughey.

Jadi intinya, Penumbra membuat studi ini untuk mempertegas jika pengguna membutuhkan casing untuk mengurangi radiasi di iPhone 11. Padahal FCC sebelumnya pernah melakukan uji radiasi di beberapa model iPhone.

Tes ini pernah dilakukan FCC setelah Chicago Tribune menulis tentang radiasi iPhone 7 yang berada jauh dari level yang ditentukan. Apple pun meminjamkan beberapa unit iPhone beda model untuk diuji coba, termasuk iPhone 7, iPhone 8 dan iPhone X.

Hasilnya, standard radiasi RF di iPhone-iPhone tersebut masih di bawah standar yang dibatasi oleh FCC.

Seolah yakin dengan studi yang dilakukannya, Penumbra Brands malah menantang FCC untuk melakukan uji coba radiasi RF menggunakan iPhone yang beredar di pasaran, bukan yang dipinjamkan oleh Apple.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

7 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 11 February 2020 | 08:50:40

ini harus di perhatikan oleh pengguna iphone

Aji Gamers 09 February 2020 | 11:18:24

menemukan bukti bahwa radiasi di iPhone Pro 11

ALI YUSUF 07 February 2020 | 20:43:21

kalau begitu bahaya dong casing di iphone 11 pro

Rivki 1501 07 February 2020 | 08:26:54

level nya ko bisa gitu si

andreanyp 06 February 2020 | 15:44:25

blm ada penelitiannya tuh si penumbra iseng aja

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article