Digilife

‘Suara Robot’ ala TikTok Hadir di Instagram Reels

  • 15 November 2021
  • Bagikan :
    ‘Suara Robot’ ala TikTok Hadir di Instagram Reels

    Foto: dok. Slashgear

    Uzone.id -- Platform video pendek Reels dari Instagram lagi-lagi menghadirkan fitur yang selama ini sudah lebih dulu ikonis di pesaingnya, TikTok. Kali ini adalah ‘suara robot’ yang dicontek pihak Instagram.

    Kalau kalian pengguna TikTok sejati, tentu gak asing dengan fitur text-to-speech yang mewarnai video-video TikTok. Jika pengguna TikTok menggunakan fitur ini, biasanya yang muncul adalah suara seperti robot yang bisa dibilang mirip seperti audio pada Google Translate.

    Suara ini akan keluar sesuai dengan teks yang muncul di dalam video. Jadi, kurang lebih, teks yang muncul di dalam video ini dilengkapi dalam bentuk suara computer-generated yang sering disebut sebagai “suara robot”.

    Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur 'Take a Break'

    Fitur ini memang ikonis di TikTok dan biasanya kalau orang melihat video yang mengandung text-to-speech, bisa dipastikan pasti video ini berasal dari TikTok. Nah, sekarang fitur ini dihadirkan di dalam Instagram Reels.

    Mengutip Slashgear, sebenarnya tak sedikit orang yang kesal mendengar suara ala robot ini, namun fitur ini dianggap berguna bagi video-video yang daya tariknya ada pada narasi dan si kreator enggan menggunakan suaranya sendiri.

    Caranya pun mudah.

    Baca juga: 'Berantem' Sama Iko Uwais, Instagram Jason Statham Dibanjiri Netizen +62

    Pengguna tinggal mengetik teks yang diinginkan pada video Reels, lalu klik di bagian tombol teks. Menu dengan ikon tiga titik itu sudah dilengkapi dengan opsi ‘Text-to-Speech'. Kalau diklik, pengguna akan disuguhkan dua tipe suara yang berbeda.

    Selain itu, Instagram juga menambah fitur Voice Effects ke dalam Reels yang memungkinkan pengguna memodifikasi audio atau suara menggunakan gaya seperti penyiar (Announcer), vokalis (Vocalist), dan suara berat (Giant).

    Siapa yang sudah coba, nih?

    VIDEO: Intip Oppo A95

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini