icon-category Auto

Sudah Ada 11 Ribu Unit Wuling Air ev yang Beredar di Jalanan Indonesia

  • 11 Oct 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Wuling Air ev, meskipun sebuah mobil listrik, sepertinya mulai jadi ‘kacang goreng’, karena populasinya yang terus bertambah. Tercatat, setidaknya sudah ada belasan ribu unit Air ev yang beredar di jalanan Indonesia.

Hanya dalam waktu satu tahun setelah pertama kali diluncurkan pada tahun 2022 lalu, Wuling mengungkap kalau Air ev sudah terjual lebih dari 11 ribu unit.

"11 ribu lebih sejak diluncurkan," kata Direktur Pemasaran Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani belum lama di Jakarta.

Wuling Air ev memang seolah jadi pendobrak segmen baru di Indonesia dengan menghadirkan sebuah mobil kecil super kompak bertenaga full elektrik dengan banderol tidak lebih dari Rp300 jutaan.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) rata-rata penjualan bulanan Air ev juga relatif stabil. Air ev terjual sebanyak 293 unit pada Juli 2023, dan Agustus mencapai 480 unit.

Tahun lalu Wuling Air ev menjadi mobil listrik terlaris di Indonesia, karena berhasil membukukan angka 8.053 unit, mengalahkan Hyundai Ioniq 5 yang menjadi runner up dengan jumlah 1.829 unit.

Menurut Dian, Air ev termahal justru yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Selain harganya yang lebih terjangkau, keunggulan lainnya adalah jangkauan tempuhnya yang lebih jauh.

"(Air ev tipe) Long range. Saat ini long range masih 90 persen (kontribusi penjualan). Air ev lite di GIIAS itu SPK mencapai 20 persen," jelas Dian.

Saat ini, meskipun makin banyak mobil-mobil listrik berdatangan, namun seiring dengan sudah diberlakukannya insentif pajak bagi mobil listrik dari pemerintah, membuat eksistensi Wuling Air ev jadi semakinn kuat.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini