home ×
Digilife

Sudah Setahun, Bug di Firefox yang Bikin Kamera Smartphone Selalu Aktif Belum Diperbaiki

21 July 2020 By
Sudah Setahun, Bug di Firefox yang Bikin Kamera Smartphone Selalu Aktif Belum Diperbaiki
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Mozilla mengakui bahwa mereka sampai saat ini masih berupaya memperbaiki bugs yang sejak Juli tahun lalu menghantui pengguna Firefox Android. Bug tersebut memungkinkan kamera smartphone tetap aktif walau Firefox sudah ditutup atau layar terkunci.

Hal ini diungkap oleh juru bicara Mozilla kepada ZDNet, Selasa, 21 Juli 2020. Mereka mengatakan bahwa bugs tersebut diprediksi baru bisa diperbaiki pada Oktober tahun ini. Bug tersebut ditemukan dan sudah dilaporkan ke Mozilla sejak setahun lalu, tepatnya pada Juli 2019.

Awalnya, seorang karyawan di platform pengiriman video bernama Appear TV yang menemukannya. Bug ini muncul ketika pengguna memilih untuk streaming video dari situs web yang dibuka melalui Firefox.
Diketahui, pengguna seluler sering memilih untuk streaming dari browser seluler karena alasan privasi. Mereka kadang dengga menginstal aplikasi dan menolak memberikan akses tanpa batas ke data smartphone. Makanya, mobile browser jadi andalan untuk membuka aplikasi live stream, termasuk Firefox yang diklaim cukup ringan digunakan.

Karyawan Appear TV mengungkap jika saat membuka layanan streaming video di Firefox, kamera terus aktif dan streaming terus berjalan, bahkan dalam situasi dimana seharusnya aplikasi tersebut telah tertutup.

Masalah ini cukup pelik karena tak hanya membuat konsumsi bandwidth terkuras, bug itu juga membuat privasi pengguna terancam. Pasalnya saat kamera terbuka dan streaming terus berjalan di perangkat, user tidak menyadarinya dan semua aktivitasnya akan terus tersiarkan. Kamera terus terbuka walaupun aplikasi telah ditutup, lalu pengguna beralih ke aplikasi lain. Bahkan saat layar smartphone terkunci pun, kamera masih aktif.

"Sebenarnya kami telah menyediakan pemberitahuan sistem yang memungkinkan orang tahu kapan situs web di dalam Firefox mengakses kamera atau mikrofon. Namun kami upayakan metode yang lebih baik, yakni perbaikan bug yang bertujuan untuk mengatasi default akses apa saja yang terbuka saat layar terkunci. Perbaikan dijadwalkan untuk rilis Oktober ini. Menyusul untuk konsumen, tidak lama setelah itu," ujar juru bicara Mozilla, dikutip dari ZDNet.

Mozilla mengatakan jika untuk sementara waktu, pengguna bisa menjajal browser generasi terbaru, yakni Firefox Nightly. Browser ini sudah memiliki notifikasi yang memperingatkan pengguna jika ada situs yang mengakses perangkat smartphone.

Firefox Nightly, juga diberi nama kode Fenix, diharapkan untuk menggantikan Firefox versi android mobile yang ada saat ini. Pengembang Mozilla memfokuskan Fenix pada fitur privasi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 22 July 2020 | 06:53:06

sudah setahun bug firefix yang bikin itu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id