icon-category Auto

Super Meteor 650 Jadi Motor Termahal Royal Enfield

  • 16 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Royal Enfield Super Meteor 650 tertangkap kamera spy shot (Foto: Bikedekho)

Uzone.id - Royal Enfield bersiap meluncurkan model terbaru yang rumornya bernama Super Meteor 650. Rilis resminya mungkin tak akan lama lagi, lantaran Royal Enfield Super Meteor 650 tertangkap kamera spy shot sedang diuji di jalan raya.

Motor ini digadang-gadang bakal jadi andalan baru Royal Enfield dan akan dipasarkan secara global. Royal Enfield Super Meteor 650 nantinya menjadi kompetitor dari Kawasaki Vulcan S.

Motor yang diproduksi di India itu bakal dijual di harga 3,5 lakh atau setara Rp65 juta. Dengan harga segitu, maka akan jadi model termahal yang pernah dijual Royal Enfield, seperti dilansir Rushlane.

BACA JUGA: Beli Motor di IMOS 2022 Bakal Inden Lama Gak Sih?

Kendati jadi motor termahal Royal Enfield di India, namun harga Super Meteor 650 akan jauh lebih murah ketimbang Vulcan S. Sekadar informasi, motor Kawasaki tersebut dijual hingga hampir dua kali lipatnya, yakni 6,40 lakh atau setara Rp119 juta.

Super Meteor 650 akan membawa fitur unggulan seperti suspensi depan upside down (USD), sehingga motor ini akan jadi salah satu model Royal Enfield yang mendapatkan suspensi USD.

Lihat saja si kembar Continental GT 650 dan Interceptor 650 pun masih membawa suspensi depan teleskopik.

Suspensi USD punya banyak manfaat seperti stabilitas lebih baik, kecepatan menikung lebih tinggi dan pengereman lebih aman.

BACA JUGA: Jadi Ngiri, Harga Bensin RON 95 di Malaysia Cuma Rp6.700 per Liter 

Sistem keamanan pada pengereman terdapat fitur ABS dual-channel. Kemudian roda depan sedikit lebih besar sedangkan roda belakang dibuat lebih lebar demi mendapat traksi yang maksimal.

Untuk mendapatkan kesan retro, Super Meteor 650 mendapat lampu depan dan kaca spion bulat, tangki bahan bakar memiliki desain tear drop, pipa knalpot panjang dan spatbor belakang dibuat lebar.

Kursi pengendara dan penumpang dibuat rapat, setang dibuat lebih tinggi dan pijakan kaki dibuat lebih ke depan.

Ruang bahan bakar Super Meteor 650 sama dengan yang dipakai Continental GT dan Interceptor, yakni 648 cc paralel-twin berpendingin udara yang menghasilkan tenaga 47,6 ps dan torsi 52 Nm. Mesin tersebut dipasangkan dengan gearbox 6-percepatan.

Kira-kira, harga Royal Enfield Super Meteor 650 berapa kalau dijual di Indonesia?

Sebagai perbandingan saja, Royal Enfield Indonesia saat ini menjual Interceptor paling murah Rp203.800.000, sedangkan Continental GT dijual paling murah Rp217.200.000.

VIDEO Test Drive KIA Carens 1.500cc:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini