home ×
News

Supermoon Hari ini Bisa Picu Banjir Rob

31 January 2018 By
Supermoon Hari ini Bisa Picu Banjir Rob
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Kamu yang sedang siap-siap menyaksikan gerhana bulan malam ini, juga harus memperhatikan dampak lain yang mungkin saja bisa timbul dari fenomena alam itu.

Menurut Ketua Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, orang yang tinggal di sekitar pesisir harus waspada. Sebab, supermoon malam ini bisa saja memicu terjadinya banjir rob.

"Gerhana bulan itu mempengaruhi gravitasi dan pasang surut air di Bumi, namun tidak berdampak signifikan pada kehidupan. Setiap gerhana bulan itu gelombang air laut akan lebih tinggi dari biasanya," jelas Thomas saat dihubungi Uzone.id.

Gelombang air diperkirakan akan naik sekitar 25 persen, Thomas juga mengingatkan tentang banjir rob yang bisa saja terjadi.

“Banjir rob juga bisa terjadi, karena gelombang pasang air semakin tinggi, maka air laut yang menghampiri daratan dapat lebih meluas cakupannya. Penduduk di pantai khususnya nelayan kalau bisa berhati-hati saja kalau beraktivitas,” lanjutnya.

Meski tidak dapat memberi informasi lebih rinci, Thomas mengatakan biasanya wilayah yang menjadi sorotan akan banjir rob ini adalah pantai di Jakarta Utara dan Semarang.

Jika cuaca mendukung tanpa awan mendung serta curah hujan, fenomena gerhana bulan hari ini dapat disaksikan di semua wilayah Indonesia dan dunia.

Gerhana bulan kali ini mendapat antusiasme tinggi karena waktu kejadian yang dianggap sangat pas. Gerhana bulan ini bertepatan dengan bulan purnama yang ke-dua kali (blue moon), kemudian jarak bulan juga lebih dekat dengan Bumi sehingga diharapkan ukurannya akan lebih besar jika dilihat dari Bumi (supermoon). Sementara itu, gerhana bulan adalah peristiwa bulan melewati bayangan Bumi, maka bulan akan berwarna merah karena kena pembiasan dari Matahari (blood moon).

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id