home ×
Digilife

Surat Albert Einstein Berisi Persamaan E = mc2 Terjual Rp17 M

29 May 2021 By
Surat Albert Einstein Berisi Persamaan E = mc2 Terjual Rp17 M
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Taton Moise - Unsplash)


Uzone.id - Sebuah surat tulisan tangan Albert Einstein yang berisi persamaan E = mc2 telah terjual USD1,2 juta atau sekitar Rp17,16 miliar (kurs Rp14.305 per USD1) dalam sebuah lelang di Boston, Amerika Serikat, pada 21 Mei 2021.

Harga itu lebih banyak tiga kali lipat dari yang diharapkan rumah lelang.

Para peneliti di Proyek Makalah Einstein di Institut Teknologi California dan Universitas Ibrani Yerussalem mengatakan bahwa hanya ada tiga contoh tulisan Einstein lainnya yang berisi persamaan terkenal itu.

RR Auction, yang menjual surat tersebut, mengatakan bahwa surat keempat ini adalah satu-satunya yang berada di koleksi pribadi dan baru dipublikasikan baru-baru ini.

Sebetulnya, rumah lelang itu mengharapkan surat Einstein itu terjual sekitar USD400.000 atau sekitar Rp5,7 miliar.

BACA JUGA: Gelar RUPST, Telkom Umumkan Dividen Rp16,64 Triliun

"Ini adalah surat penting dari sudut pandang holografik dan fisika," kata Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif di RR Auction, menyebut persamaan itu paling terkenal di dunia.

Persamaan - energi sama dengan massa dikalikan kecepatan cahaya kuadrat - mengubah fisika dengan mendemonstrasikan bahwa waktu tidak mutlak dan bahwa massa serta energi adalah ekuivalen.

Surat tulisan tangan satu halaman dalam bahasa Jerman kepada fisikawan Amerika-Polandia, Ludwik Silberstein, bertanggal 26 Oktober 1946.

Silberstein adalah seorang kritikus terkenal dan penantang beberapa teori Einstein.

"Pertanyaan Anda bisa dijawab dari rumus E = mc2, tanpa pengetahuan apapun," tulis Einstein dalam surat yang ditulis di atas kop surat Universitas Princeton.

Surat itu adalah bagian dari arsip pribadi Silberstein, yang dijual oleh keturunannya. Pembelinya sendiri diidentifikasi oleh RR hanya sebagai pengumpul dokumen anonim. (The Guardian)

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id