icon-category Technology

Surat Tulisan Tangan Albert Einstein Laku Rp 1,8 Miliar

  • 29 Mar 2019 WIB
  • Bagikan :

    Surat tulisan tangan Albert Einstein dilelang, laku USD 134.344 atau sekitar Rp 1,8 miliar. Isinya tentang kutukan terkait kekejaman Adolf Hitler terhadap warga Yahudi saat Holocaust.

    Dilansir CNN, ada tiga surat yang ditulis Einstein pada 1921 hingga 1939 silam yang menunjukkan bagaimana cara melihat kekuasaan Hitler di Jerman serta perlawanan warga Yahudi menghadapi kekejamannya.

    Asal tahu saja, Einstein merupakan seorang ilmuwan berdarah Yahudi kelahiran Jerman. Dalam satu suratnya kepada saudara perempuan, Maja Winteler-Einstein, pada 1921, Einstein menyinggung soal Holocaust.

    Juru bicara rumah lelang, Nate D Sanders, menyatakan bahwa Einstein menolak undangan ke Munich, Jerman, demi keselamatan nyawa. Einstein juga menyoroti gelombang anti-Semitisme di Munich.

    {Baca juga: Ini Jadinya Jika Albert Einstein itu Sebuah Robot}

    Surat lain pada 1934, yang dikirimkan ke istri pertama Einstein, membahas pengiriman uang untuk pengasuhan putranya yang menderita skizofrenia. Einstein mengaku sudah menahan agar putranya bisa selamat.

    “Semuanya akibat kegilaan Hitler. Ia telah merusak banyak nyawa di sekitar saya. Kekuatan perlawanan Yahudi didasarkan kepada sikap saling membantu,” begitu tulis Einstein dalam suratnya sesuai terjemahan.

    {Baca juga: Terkait Polemik Holocaust, Zuckerberg Akhirnya Buka Suara}

    Isu yang sama dibahas Einstein dalam surat ketiga yang ditulis pada 1939 dan ditujukan kepada Dr Maurice Lenz. Surat ditulis saat berlangsung persekusi terhadap Yahudi dan tiga bulan sebelum Perang Dunia II.

    Dikutip Telset.id, Jumat (29/3/2019), lelang terhadap surat-surat Einstein itu dimulai di angka USD 12.000. Setelah menerima 23 kali tawaran, surat Einstein pun terjual seharga USD 134.344 atau setara Rp 1,8 miliar. [SN/HBS]

    Sumber: CNN

    Artikel Surat Tulisan Tangan Albert Einstein Laku Rp 1,8 Miliar dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini