Survei: 70% Masyarakat Indonesia Tidak Pernah Tes Darah - Uzone
home ×
Technology

Survei: 70% Masyarakat Indonesia Tidak Pernah Tes Darah

17 October 2019 By
Survei: 70% Masyarakat Indonesia Tidak Pernah Tes Darah
Share
Share
Share

Uzone.id - Sebuah platform digital untuk kesehatan, HonestDocs, melakukan sebuah riset yang bertujuan mendalami pola test darah di Indonesia.

Penelitian ini melibatkan 9.612 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan dominasi jenis kelamin wanita.

Dari penelitian tersebut, terdapat fakta yang cukup mengkhawatirkan, dimana 70% masyarakat Indonesia mengaku tidak pernah melakukan tes darah sama sekali.

Hasil survei HonestDocs menunjukkan bahwa alasan utama responden tidak melakukan tes darah adalah karena tidak mempunyai waktu (51%) untuk pergi ke klinik, laboratorium, atau rumah sakit untuk melakukan tes.

Terlebih, banyak lembaga kesehatan yang selalu memiliki antrian pasien yang panjang dan cukup menyita waktu. Selain itu, ada juga responden yang merasa takut (24%), merasa belum memerlukan tes (15%), dan memiliki keterbatasan biaya (7%).

Padahal, melakukan tes darah secara teratur adalah cara krusial untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga: Siapa Penikmat Kopi di Indonesia

Darah bertindak sebagai pembawa nutrisi dan oksigen ke jaringan organ dan sel. Untuk itu, ketika terjadi gangguan fungsi pada organ tertentu, tes darah dapat menunjukkan abnormalitas tersebut sejak dini. Sehingga, tim medis bisa melakukan tindakan pencegahan maupun pengobatan sebelum gangguan membesar.

Berangkat dari hasil survei tersebut, HonestDocs meluncurkan layanan medical check-up atau tes darah yang dapat dilakukan di kenyamanan rumah sendiri atau kantor mulai dari harga Rp250.000.

Layanan ini sendiri merupakan hasil kerjasama HonestDocs dengan sejumlah institusi kesehatan terpercaya di Indonesia seperti Path Lab Klinik, yang sudah memiliki lebih dari 100 cabang di sejumlah negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Hongkong, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar.

Caranya mudah, pasien hanya perlu memilih jenis tes darah yang diinginkan, mulai dari tes hematologi/cek darah rutin, lipid profile (kolesterol), gula darah, fungsi ginjal, fungsi liver, hepatitis, tiroid, kardiovaskular, hingga urinalisis.

Setelah itu, perawat profesional berlisensi akan datang ke alamat rumah pasien untuk melakukan pengambilan sampel darah, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pasien. Sampel darah kemudian akan dibawa ke laboratorium untuk diperiksa.

Proses tes darah sendiri hanya memakan waktu 5-10 menit, sehingga sangat cocok bagi pasien yang tidak ingin membuang banyak waktu untuk tes darah.

Baca juga: Hanya 3% Orang Indonesia Sadar Kontrasepsi

“Hasil dari tes darah sangat berguna bagi dokter untuk melihat apakah organ-organ tubuh berfungsi dengan normal. Kami yakin, ada banyak sekali masyarakat Indonesia yang peduli pada kesehatan, namun mereka punya keterbatasan waktu atau merasa tidak nyaman melakukan tes di rumah sakit. Oleh karena itu, layanan tes darah di rumah ini menjadi solusi praktis agar mereka bisa melakukan tes darah kapan saja, dengan kenyamanan di rumah sendiri,” kata tim dokter HonestDocs.

“Dengan layanan tes darah yang cepat dan praktis di rumah, kami berharap bisa mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia untuk melakukan tes secara rutin. Tidak hanya kaum lansia, populasi usia produktif pun rentan mengalami gangguan kesehatan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mulai melakukan tes dan pencegahan sedari dini,” ungkap tim dokter HonestDocs.  

HonestDocs merupakan platform kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia dengan menyediakan konten medis terpercaya, tanya jawab dengan dokter secara online, hingga layanan penjemputan dan pengiriman obat-obatan ke seluruh Indonesia.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

56 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Iim Sholikhin 05 February 2020 | 23:37:13

karna kalah sama Rupiah

Edi Suryadi 31 January 2020 | 10:08:51

kita harus menjaga kesehatan

Grub Samue 25 January 2020 | 22:23:13

kalau gratis kan banyak yang tes darah tapi banyak rumah sakit bayar semua

ALI YUSUF 18 January 2020 | 08:44:15

kenapa masyarakat indonesia tidak pernah tes darah

pah saropah 12 January 2020 | 22:18:12

kalau gratis pasti akan banyak yg melakukannya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article