icon-category Startup

Survei Jakpat: Tokopedia Puncaki Marketplace Paling Memuaskan Pelanggan

  • 20 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Tokopedia Office (Dok. Tokopedia)

    Uzone.id - Pengunjung E-Commerce selama pandemi menunjukkan peningkatan yang sangat pesat. begitupun perkembangan dan persaingan antara satu marketplace dengan marketplace lainnya semakin ketat terjadi.

    Melihat perkembangan e-commerce yang semakin meningkat, Bank Indonesia memproyeksikan nilai transaksi e-commerce dapat mencapai Rp530 triliun di tahun 2022, meningkat drastis dari tahun 2021 dengan perkiraan mencapai Rp403 triliun.

    Oleh karena itu, berbagai platform e-commerce terus berlomba memberikan promo dan penawaran menarik untuk menggaet minat warganet.

    Jajak Pendapat (Jakpatapp) selaku salah satu aplikasi online survei di Indonesia telah menggelar survei melalui aplikasi mereka Jakarta App mengenai marketplace mana yang paling memberikan kepuasan pada pelanggan.

    Baca juga: Belanja Tanpa Uang Tunai di Warung, Tokped-GoPay Implementasikan QRIS

    Survei ini dilakukan dari 19 November hingga 25 November 2021 terhadap 1.106 responden dengan 6 pilihan marketplace, mulai dari Tokopedia, Shopee, JD.ID, Blibli, Lazada dan Bukalapak.

    Kepuasan pelanggan ini dipengaruhi oleh beberapa hal. Menurut hasil survei, promo menjadi salah satu pengaruh besar bagi kepuasan pengunjung dengan angka 65 persen.

    Diikuti 19 persen lainnya dipengaruhi oleh pengalaman menggunakan aplikasi e-commerce, 11 persen lainnya karena banyaknya pilihan barang dan 8 persen karena pengiriman.

    Dan dari hasil Survei yang dilakukan, Tokopedia menduduki peringkat puncak untuk marketplace yang paling memuaskan pelanggan, dengan nilai 4,53 dari skala likert.

    Baca juga: Ini Deretan Inovasi Tokopedia untuk Pengguna Android dan iOS

    Di posisi kedua ditempati oleh Shopee dengan nilai 4,47 kemudian JD.ID dengan nilai 5,38, Lazada dengan nilai 5,33, BliBli dengan nilai 5,32 dan Bukalapak dengan nilai 5,13.

    Selain menjadi marketplace yang paling memuaskan, Tokopedia juga memuncaki peringkat marketplace yang menawarkan produk berkualitas dengan nilai 6,07. 

    Diikuti Shopee di urutan kedua dengan nilai 5,95, lalu JD.ID dengan nilai 5,38, kemudian Lazada dengan nilai 5,33, Blibli dengan nilai 5,32, dan Bukalapak dengan nilai 5,13.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini