home ×
Auto

Suzuki Across Masuk Indonesia, Harga Bisa Tembus Miliaran?

04 July 2020 By
Suzuki Across Masuk Indonesia, Harga Bisa Tembus Miliaran?
Share
Share
Share

Suzuki Across

Uzone.id - Kalau membahas Suzuki Across Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Toyota RAV4 PHEV sama halnya kita bicara si kembar Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang telah menjadi mobil sejuta umat di Indonesia.

Across dan RAV4 dibedakan oleh desain lampu dual beam LED, bemper depan dan logo. Di interior juga cuma sedikit perbedaannya. Paling terlihat adalah logo S pada roda kemudi Across.

Jadi, kalau mengulas Suzuki Across berarti kita juga 'menelanjangi' Toyota RAV4 PHEV yang mengadopsi teknologi Toyota Hybrid System (THS II).

Toyota PHAV telah diluncurkan di Jepang pada 8 Juni 2020 dan diproduksi di pabrik Nagasuka, Toyota Industries Corporation.

BACA JUGA: Toyota Alphard Milik Via Vallen Terbakar, Biaya Perbaikannya Bikin Melongo

Di situs Toyota, RAV4 PHEV dijual 4.690.000 yen atau sekitar Rp633 jutaan (kurs Rp135 per 1 yen).

Dilihat tampilannya, Suzuki Across terlihat lebih gahar dibandingkan RAV4 cuma karena gril lebih lebar.

Across jadi andalan baru untuk pasar Eropa. Pasalnya, model RAV4 meraih sukses berat di Eropa maupun Amerika karena citranya sebagai mobil 4x4 yang tangguh nan kekar.

Indonesia pernah impor dari Jepang, Toyota RAV4 mesin bensin 2.5L generasi keenam yang dijual tahun 2015 untuk bersaing dengan Nissan X-Trail, Honda CR-V, dan Suzuki Vitara. Tapi karena harganya sangat mahal tentu saja kalah bersaing.

Sama dengan RAV4, dimensi Across memiliki panjang 4.635 mm x lebar 1.855 mm x tinggi 1.690 mm. Jarak antara sumbu roda (wheelbase) 2.690 mm.

Across bisa membawa lima penumpang dengan kapasitas bagasi 490 liter.

Terdapat dua sumber tenaga pada Across, yakni mesin bensin 2.500 cc 4-silinder bisa menyemburkan 175 hp, dan dua motor listrik.

Untuk satu motor listrik bisa mengeluarkan tenaga 182 hp dan 270 Nm yang disalurkan ke roda depan. Satu motor listrik lainnya bisa mengeluarkan tenaga 54 hp dan 121 Nm yang disalurkan ke roda belakang.

Suzuki belum meberikan pernyataan resmi berapa tenaga yang dihasilkan Across dari kombinasi mesin bensin dan listrik. Namun, RAV4 sendiri diklaim bisa menyemburkan tenaga 300 hp.

Across mengusung sistem penggerak 4x4 E-Four milik Suzuki dan diklaim sanggup digaspol hingga 180 kpj. Ada empat mode mengemudi: EV (murni listrik), Auto EV, Auto HV, dan HV.

Kalau cuma menggunakan EV, Across bisa berjalan sejauh 75 km berkat baterai 18,1 yang disimpan di bawah lantai mobil.

Headunit memakai layar sentuh 9 inci dan sudah terdapat fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur pembantu yang terdapat pada Across adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC).

Kalau sampai Suzuki Across dijual di Indonesia, maka akan bersaing dengan Mitsubishi Outlander PHEV.

Harga Mitsubihsi Outlander PHEV dan Toyota RAV4 PHEV yang dijual di Jepang sangant bersaing. Keduanya dibanderol Rp600 jutaan.

Setelah masuk ke Indonesia, Mitsubishi Outlander PHEV sekarang pasarkan sekitar Rp1,3 miliar.

Maka dari itu, kalau saja Suzuki Across masuk ke Indonesia, harganya bakal melambung tinggi seperti Mitsubishi Outlander PHEV.

Kalau mobil teknologi PHEV masih kemahalan bagi konsumen Indonesia, Hyundai iONIC bisa jadi pilihan karena harganya jauh lebih terjangkau, yakni di kisaran Rp569 juta dalam kondisi off the road.

VIDEO Kia Seltos Test Drive, Sensasi Gokil Turbo & Kopling Ganda!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 04 July 2020 | 17:51:46

keunggulanya apa dengan harga segitu yah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article