home ×
Auto

Suzuki Bangun Pabrik Ketiga di Myanmar, Produksi Jimny ?

31 March 2020 By
Suzuki Bangun Pabrik Ketiga di Myanmar, Produksi Jimny ?
Share
Share
Share
Share

Foto: Uzone.id

Uzone.id - Suzuki Thilawa Motor (STM) Co., Ltd telah mengumumkan akan bangun pabrik ketiga di Myanmar. STM akan punya fasilitas untuk melakukan pengelasan, pengecatan dan perakitan kendaraan roda empat di pabrik baru.

"Sejalan dengan perluasan pasar di Myanmar, pabrik baru, yang dijadwalkan mulai beroperasi dari September 2021," kata STM dalam pernyataan di situs resmi.

STM membangun pabrik ketiga di sebuah taman industri yang terletak di Zona Ekonomi Khusus Thilawa, tenggara Yangon. Pabrik baru akan mampu produksi 40.000 unit per tahun.

Suzuki memiliki sejarah panjang di Myanmar, yang dimulai pada tahun 1998 dengan pendirian perusahaan patungan, mulai produksi sepeda motor dan mobil lokal sejak tahun 1999.

Saat ini terdapat dua pabrik (Zona Industri Dagon Selatan dan Zona Ekonomi Khusus Thilawa) di Myanmar yang menghasilkan total empat model: Carry, Ciaz, Ertiga, dan Swift.

Pada 2019, Suzuki memproduksi 13.300 unit (125 persen year-on-year) dan menjual 13.206 unit (128 persen year-on-year) dengan pangsa pasar 60,3 persen.

Dengan pembangunan pabrik baru, Suzuki akan memenuhi kebutuhan pasar mobil di Myanmar, yang diproyeksikan akan melakukan ekspansi lebih lanjut.

Kira-kira, apakah pabrik ketiga Suzuki di Myanmar ini akan turut produksi Jimny yang pre-ordernya sudah membludak hingga bertahun-tahun lamanya.

Baca juga: Ninja ZX-25R Batal Rilis, Virtual Launching pun Tidak, Maunya Apa Kawasaki ?

Setelah pabrik Suzuki di Jepang kewalahan memenuhi permintaan dunia terhadap pre-order Jimny. India akhirnya ditunjuk jadi basis produksi Jimny di luar Jepang. Dijadwalkan, Jimny di pabrik Maruti Suzuki di kawasan Gujarat sudah bisa memulai produksi bulan Mei 2020.

Maruti Suzuki tak cuma produksi Jimny tiga pintu. Pabrik tersebut akan produksi juga Jimny model lima pintu atau dikenal dengan nama Gypsy, yang memang sesuai dengan karakter konsumen di India, pada akhir 2020.

Maruti Suzuki juga berencana menambah line produksi di Gujarat pada Juli nanti, sehingga total produksi bisa mencapai 250 ribu unit per tahun.

Di Indonesia, Suzuki punya empat fasilitas pabrik yang berada di Cakung Plant I Jl. Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, yang luasnya 85.000 m2. Pabrik tersebut dijadikan manufaktur dan perakitan mesin serta transmisi untuk mobil dan motor.

Kemudian, fasilitas kedua Tambun Plant I Jl. Raya Diponegoro KM 38.2 Tambun, Jawa Barat, yang luasnya 124.000 m2. Fasilitas kedua ini dijadikan manufaktur komponen bodi dan perakitan motor.

Fasilitas ketiga Tambun Plant II di Jl. Raya Diponegoro Km. 38,2, Tambun, Bekasi, yang luasnya 423.839 m2. Fasilitas ini dijadikan manufaktur komponen dan perakitan mobil dengan kapasitas 120.000 unit per tahun.

Fasilitas keempat Cikarang Plant Kawasan Industri GIIC Blok AC no. 1, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, yang luasnya 1.307.519 m2. Fasilitas ini jadi manufaktur komponen bodi dan perakitan mobil, manufaktur serta perakitan mesin dan transmisi mobil.

 

VIDEO Suzuki XL7 Test Drive, Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Dibeli

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article