icon-category Auto

Suzuki Ertiga Hybrid Sudah Dijual, Kok Diskon Puluhan Juta?

  • 22 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Suzuki Ertiga Hybrid (Foto: Instagram @suzuki_jakarta_barat)

    Uzone.id - Mobil yang irit bensin dengan mengandalkan tenaga baterai, namun dengan harga murah telah dimulai dengan kehadiran Suzuki Ertiga Hybrid.

    Ertiga Hybrid pun telah mulai dijual di dealer Suzuki, meskipun peluncuran resminya berlangsung 10 Juni 2022, sesuai dengan teaser yang dibagikan di Instagram.

    Sales Suzuki yang memiliki Instagram @suzuki_jakarta_barat telah membagikan sebagian detail dari Ertiga Hybrid, mulai dari interior termasuk dashboard, head unit, roda kemudi, jok dilapis bahan fabric, speedometer analog hingga layar MID yang memberi informasi seputar sistem mesin bensin dan baterai.

    Bagian eksterior Ertiga Hybrid juga diperlihatkan di bagian depan, samping dan belakang.

    BACA JUGA: 4 Masalah yang Ganggu Penjualan Mobil di Indonesia

    Suzuki Ertiga Hybrid (Foto: Instagram @suzuki_jakarta_barat)

    Tampilan insterior maupun eksterior terlihat tak ada yang berbeda dengan tipe Suzuki Ertiga Sport AT. Cuma layar MID bergambar baterai bisa meyakinkan bahwa ini merupakan Ertiga Hybrid.

    Selain ada tambahan baterai, Ertiga Hybrid juga mendapat fitur Cruise Control. Fitur tersebut sangat berguna ketika aturan jalan tol tidak boleh memacu mobil melebihi 100 km/jam.

    Ertiga Hybrid tersebut diberi keterangan dijual mulai dari harga "Rp270.300.000."

    Selain itu, ditulis juga "Konsumen juga bisa mendapatkan harga perdana potongan hingga puluhan juta rupiah."

    Sebelumnya, Suzuki juga membocorkan harga Ertiga Hybrid paling mahal Rp292,3 juta.

    Suzuki sendiri telah memamerkan teknologi Suzuki Smart Hybrid di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang digelar 31 Maret-10 April. 

    Menurut Suzuki, teknologi ini hadir sebagai dukungan terhadap pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca pada 2030.

    Kenapa Suzuki Ertiga Hybrid bisa murah?

    Mungkin orang-orang bertanya-tanya, kok harga Ertiga Hybrid bisa jauh lebih murah dibandingkan mobil hybrid macam Nissan Kicks e-Power yang dijual Rp400 jutaan atau Toyota Corolla Cross yang harganya mencapai Rp500 jutaan.

    Suzuki Smart Hybrid ini dibuat oleh Suzuki untuk mendukung kendaraan yang lebih efisien dan kompetitif soal harga.

    Suzuki Ertiga Hybrid (Foto: Instagram @suzuki_jakarta_barat)

    “Suzuki Smart Hybrid juga merupakan sistem elektrifikasi yang paling terjangkau dari segi harga. Ketiga manfaat inilah yang kami yakini dibutuhkan masyarakat Indonesia saat ini,” kata Yulius Purwanto, Head of 4W Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

    Suzuki Smart Hybrid ini terdiri dari 3 komponen utama yang menunjang kinerja mesin pembakaran konvensional, yaitu ISG (Integrated Stater Generator), Lithium-Ion Battery dan Regenerative Breaking.

    ISG merupakan pengembangan teknologi pertama yang dilakukan Suzuki dalam menciptakan kendaraan yang irit bahan bakar dengan harga terjangkau.

    BACA JUGA: Ini Aturan dan Tahapan Penggantian Pelat Hitam Jadi Pelat Putih

    Cara kerja Suzuki Smart Hybrid

    Dengan penggunaan komponen ISG dan Lithium-Ion Battery, mobil Suzuki memiliki keuntungan seperti adanya fitur auto-stop, restart yang halus dan senyap setelah auto-stop aktif, bantuan tenaga untuk akselerasi yang lebih ringan saat 'stop and go', serta kemudahan regenerasi daya baterai selama pengurangan laju kendaraan.

    Teknologi Suzuki Smart Hybrid akan lebih terasa manfaatnya saat digunakan dalam kemacetan lalu lintas.

    Sehingga kehadiran Suzuki Smart Hybrid terasa tepat guna karena dengan adanya fitur auto-stop dan bantuan akselerasi dari ISG, maka akan memberikan dampak pada efisiensi konsumsi bahan bakar secara akumulatif.

    Seluruh komponen elektrikal yang berada di dalam kabin seperti head unit, instrument cluster, Multi Information Display, power window dan lampu kabin akan tetap berfungsi berkat pasokan listrik dari Lithium-Ion Battery 6Ah.

    Sedangkan AC dan lampu ekterior juga tetap aktif lewat pasokan listrik dari Lead Acid Battery 55Ah sehingga pengendara dan penumpang pun akan tetap merasa nyaman.

    Peran ISG akan kembali bekerja secara halus untuk menyalakan mesin dengan otomatis ketika pengendara melepaskan injakan kaki di pedal rem (untuk mobil bertransmisi otomatis) atau pedal kopling (untuk mobil bertransmisi manual) sehingga mobil dapat kembali digunakan untuk berakselerasi.

    Nah, bisa dikatakan teknologi Suzuki Smart Hybrid ini merupakan mild hybrid sehingga harganya pun tidak terlalu mahal.

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini