icon-category Auto

Suzuki S-Cross Pensiun, Menanti Grand Vitara Lahir Lagi di Indonesia

  • 11 Oct 2022 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Suzuki S-Cross resmi dihentikan produksinya di India. Artinya, sebentar lagi Indonesia pun gak akan lagi menjual S-Cross karena mengimpor dari India. Tapi kabarnya Suzuki sudah menyiapkan gantinya. 

Sebelum resmi dihentikan, rumor pensiunnya Suzuki S-Cross dipertegas dengan munculnya Suzuki Grand Vitara. 

Dan benar saja, Maruti Suzuki India resmi mengumumkan Grand Vitara akan menggantikan S-Cross, seperti dikutip Uzone.id dari Rushlane.

BACA JUGA: Wuling Mini EV Cabrio Dijual Rp180 Jutaan, Sudah Dipesan 150 Ribu Unit

Kedua mobil ini kini bermain di segmen yang sama. Namun, penjualan S-Cross di India memburuk, sehingga Suzuki memutuskan untuk mempensiunkan dan menggantinya dengan yang lebih segar, Grand Vitara.

Suzuki perlu amunisi baru untuk menyaingi penjualan Hyundai Creta yang terjual sebanyak 13.790 unit, sementara S-Cross, penjualannya hanya 697 unit. Jauh sekali.

Sedangkan Grand Vitara, sampai saat ini sudah mengantungi angka pemesanan sebanyak 40 ribu unit, sehingga jadi andalan baru Suzuki untuk bertempur disegmen SUV kompak.

Grand Vitara ‘reborn’ ini punya tampilan yang ganteng, mobil ini jadi saudara kembar Toyota Hyryder, karena memang hasil kolaborasi kedua pabrikan Jepang tersebut.

Kami berharap, Suzuki Indonesia akan memboyong Grand Vitara, untuk menggantika pasokan S-Cross yang pastinya terhenti, sementara Suzuki perlu banyak line-up model untuk di jajakan.

Gak perlu canggih-canggih pun gak masalah. Seperti mesin misalnya, cukup yang menggunakan mild-hybrid berkapasitas 1.500cc. Suzuki bisa mengadopsi mesin Ertiga Hybrid untuk Grand Vitara.

Sehingga positioningnya jangan jauh-jauh dari Suzuki XL7 yang saat ini jadi mobil termahal Suzuki (di luar Suzuki Jimny ya). Bedanya, Suzuki XL7 berkapasitas 7 penumpang, sementara Grand Vitara 5 penumpang.

Atau Suzuki Indonesia juga bisa saja memposisikan Grand Vitara benar-benar sebagai mobil flagship mereka yang bisa di beli tanpa inden tahunan seperti Jimny. 

Tapi, volume penjualannya pasti gak bakal sebanyak Honda HR-V, Hyundai Creta, Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan teman-teman SUV kompak lain di Indonesia.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini