icon-category Auto

Suzuki S-Presso Pengganti Wagon R Sudah Mendarat di Indonesia

  • 16 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Suzuki S-Presso (Foto: Suzuki Filipina)

    Uzone.id - Sinyal Suzuki Indomobil Sales (SIS) segera menjual SUV compact S-Presso di Indonesia semakin kuat setelah muncul kolase yang memperlihatkan mobil buatan India ini tengah di-towing oleh truk di kawasan Tanjung Priok.

    Foto tersebut dibagikan oleh akun Instagram @indra_fathan pada Rabu (15/6/2022). Kolase foto memperlihatkan bagian Suzuki S-Presso varian SE dengan kelir biru yang sebelumnya sudah dijual di Filipina.

    Kemudian foto di bagian bawah beberapa S-Presso di antaranya berwarna merah tengah di-towing truk kontainer. Di kedua foto tersebut ada kesamaan pada ukuran velg alloy 14 inci yang sudah dual tone.

    Baca juga: Jenis Kendaraan yang Dilarang Beli Pertalite & Solar Masih Belum Jelas

    Suzuki S-Presso untuk pasar Filipina (atas) dan Suzuki S-Presso diangkut truk kontainer di wilayah Tanjung Priok, Jakarta (bawah) (Foto: Instagram @indra_fathan)

    Suzuki S-Presso Sudah Terdaftar di Kemenkumham

    Suzuki S-Presso yang bakal dijual di Indonesia sebetulnya sudah masuk radar di tahun 2021. Saat itu, SUV compact ini sudah terdaftar di situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham dengan nama S-Presso dengan nomor permohonan DID2021020609.

    Suzuki Motor Corporation mengajukan S-Presso pada 25 Maret 2021. Di Indonesia, tentunya S-Presso akan bersaing dengan si kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Pesaing lainnya ada Kia Sonet dan Nissan Magnite.

    Untuk pasar India, SUV compact ini membawa mesin bensin berkode K10B 998cc 3-silinder.

    Mesin tersebut memiliki tenaga 68 PS @5.500 rpm dan torsi 90 Nm @3.500 rpm yang disalurkan ke penggerak roda depan melalui transmisi manual dan otomatis (AMT). 

    Baca juga: Curhatan Mantan Bos Tesla Singapura Usai Di-PHK Elon Musk

    Itu mesin yang sama dengan Suzuki karimun Wagon R yang mengisi segmen Low Cost Green Car (LCGC). Wagon R sudah tidak dijual lagi di Indonesia setelah diumumkan oleh SIS pada akhir 2021. 

    Dimensi S-Presso memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, dan tinggi 1.549 mm. Sementara, untuk wheelbase 2.380 mm dan ground clearance 180 mm. Sedangkan mobil ini memiliki bobot 736 kg.

    S-Presso juga dibekali fitur keselamatan Anti Lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake force Distribution (EBD), airbag ganda, rear parking assist system, peringatan kecepatan tinggi serta sensor parkir mundur.

    Baca juga: Biaya Servis Suzuki Ertiga Hybrid

    Harga Suzuki S-Presso di India dan Filipina

    Harga S-Presso di India dijual di rentang 3,85 lakh (sekitar Rp73 juta) hingga 5,63 lakh (sekitar Rp106 juta).

    Sedangkan di pasar Filipina, Suzuki S-Presso dijual mulai 563.000 peso (sekitar Rp155 juta) untuk tipe S-P-Presso GL MT with Alloy Wheel hingga 588.000 peson (sekitar Rp162 juta) untuk tipe S-Presso Special Edition.

    VIDEO Daihatsu Ceria 2003

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini