icon-category Auto

Suzuki Undur Diri dari MotoGP, Apa Alasannya?

  • 12 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Suzuki Gixxer 250 (Foto: Tomi Tresnady / Uzone.id)

    Uzone.id - Di tengah rumor panas atas rencana hengkang dari perhelatan MotoGP, Suzuki Motor Corporation akhirnya resmi mengumumkan di situs resmi soal undur diri dari MotoGP.

    Suzuki membenarkan bahwa pabrikan mungkin tidak ikut ajang MotoGP 2023 karena saat ini sedang berdiskusi dengan Dorna soal kemungkinan mengakhiri partisipasinya di MotoGP di akhir 2022. 

    Adapun alasan kemungkinan Suzuki tidak ikut MotoGP tahun depan karena masalah finansial sehingga harus mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk pengembangan teknologi baru.

    BACA JUGA: Honda Siap Bangkitkan NX500, Pesaing RE Himalayan 450

    Berikut ini pengumuman resmi Suzuki: 

    "Suzuki Motor Corporation sedang berdiskusi dengan Dorna mengenai kemungkinan mengakhiri partisipasinya di MotoGP pada akhir tahun 2022.

    Sayangnya, situasi ekonomi saat ini dan kebutuhan untuk memusatkan upaya pada perubahan besar yang dihadapi dunia Otomotif di tahun-tahun ini, memaksa Suzuki untuk mengalihkan biaya dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru.

    Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Tim Suzuki Ecstar kami, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan kepada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan antusiasnya kepada kami."

    Suzuki Mungkin Kena Skandal Diesel atau Dieselgate

    Ada juga yang berasumsi bahwa mundurnya Suzuki dari ajang MotoGP karena mungkin bisa terlibat skandal diesel atau dieselgate yang sebelumnya menimpa perusahaan Volkswagen (VW).

    Jika terbukti, Suzuki dipastikan kena denda ratusan juta euro sehingga tentu saja menguras keuangan Suzuki.

    BACA JUGA: Pemilik Mustang hingga Camaro Kumpul di Jakarta

    Pada tahun 2015, VW Group yang menaungi VW, Audi, Porsche, Seat dan Skoda ketahuan melakukan kecurangan dengan memberi perangkat lunak pada sistem mesin diesel mereka.

    Perangkat lunak tersebut bisa membuat mobil seolah memenuhi standar emisi gas buang ketika diuji.

    VW Group kabarnya harus mengeluarkan ratusan triliun rupiah saat dikenakan denda.

    Jerman, Italia dan Hungaria merupakan negara yang mengendus kecurangan Suzuki dan saat ini tengah menyelidiki fitur ilegal di mobil diesel mereka untuk mengakali peraturan emisi Eropa.

    Jaksa di Jerman tengah menginvestigasi Stellantis sebagai penyuplai mesin diesel ke Suzuki, kemudian Marelli menyuplai komponen mesin tersebut.

    Cek berita dan artikel yang lain di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini