icon-category Telco

Tahun Baru, Saatnya Menanti eSIM Telkomsel Dirilis

  • 05 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Sebagai satu-satunya operator seluler yang belum menghadirkan Embedded SIM (eSIM) di Indonesia, Telkomsel diam-diam masih terus menggodok teknologi ini. Memasuki tahun baru 2024, ini menjadi waktu yang tepat untuk menantikan eSIM Telkomsel.

Di pekan pertama Januari 2024, akun Instagram @telkomselnow memberikan teaser mengenai eSIM ini melalui postingannya.

Dengan eSIM, kini Kamu gak perlu repot mengganti kartu SIM fisik saat ingin tukar nomor ponsel atau bepergian ke luar negeri. Menarik, bukan?” tulis @telkomselnow.

Postingan tersebut menyajikan beberapa slide foto yang berisi informasi dasar mengenai eSIM itu sendiri, seperti arti dari eSIM, hal-hal yang membuat eSIM lebih unggul, dan teaser Telkomsel yang berbunyi, “tertarik pakai eSIM? Nantikan update terbaru dari Telkomsel!”.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Telkomsel (@telkomselnow)

Dari postingan ini, dapat disimpulkan Telkomsel memang ingin memberikan teaser permulaan mengenai kehadiran eSIM-nya yang diharapkan dalam waktu dekat ini.

Bahkan beberapa netizen Instagram di kolom komentar postingan @telkomselnow tersebut mengatakan mereka tidak sabar dan akan menantikan peluncuran eSIM Telkomsel.

Memang belum ada pernyataan secara resmi dari Telkomsel soal peluncuran eSIM ini, namun pada 21 Agustus 2023, Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono sempat mengatakan perusahaan menargetkan eSIM dirilis di tahun 2023 sembari menunggu regulasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Regulasi Kominfo soal eSIM masih menjadi hambatan untuk Telkomsel karena hingga saat ini masih belum dirilis. Ada berbagai regulasi dari pemerintah yang perlu diperhatikan oleh Telkomsel sebagai operator.

“Ada macam-macam regulasi terkait aturan eSIM, nanti ‘kan tidak ada kartu SIM fisik, data center-nya bagaimana karena itu harus comply ke pemerintah,” kata Saki kala itu kepada awak media.

Kendati akan menjadi operator seluler terakhir yang merilis eSIM, pihak Telkomsel tidak mempermasalahkan hal ini karena eSIM dianggap sebagai investasi yang cukup besar sehingga lebih terukur. 

Mari berharap saja eSIM Telkomsel dapat segera hadir untuk para penggunanya dalam waktu dekat ini.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini