icon-category Digilife

Tahun Macan Air, ByteDance Mau Rilis 3 Aplikasi Baru

  • 31 Jan 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: ByteDance Headquarters (Dok. ByteDance)

    Uzone.id - Perusahaan unicorn asal China sekaligus pemilik aplikasi beken TikTok, ByteDance sepertinya mencoba peruntungan di tahun ‘Macan Air’ dengan merilis 3 media sosial dan layanan baru.

    Sebelumnya, ByteDance disebut akan mendapat momentum dan kesuksesan di tahun 2022 ini dengan peningkatan pendapatan hingga 60 persen.

    Menurut media Tech Planet, ByteDance sedang menguji coba beberapa produk dan layanan baru termasuk aplikasi pesan, pencarian, komunitas game dan layanan pengiriman otomatis jarak dekat.

    Baca juga: Prediksi Teknologi China, Jadi Leader di Dunia Metaverse?

    Paiduidao atau yang berarti ‘pulau pesta’ merupakan aplikasi baru yang sedang dirintis ByteDance untuk menyaingi WeChat dari Tencent. Berkali-kali gagal, ByteDance terus mengembangkan platform komunikasi mereka sendiri sejak tahun 2019.

    Paiduidao bukan aplikasi platform komunikasi pertama yang dirilis ByteDance, sebelumnya ada Doushan dan Feiliao yang telah dirilis perusahaan pemilik TikTok ini namun sayangnya kedua aplikasi tersebut gagal mendapat momentum.

    Saat ini, aplikasi tersebut sedang dalam uji coba internal skala kecil dan pengguna hanya bisa menggunakan aplikasi ini apabila diundang. 

    Produk lain yang sedang diuji coba adalah aplikasi pencarian Wukong Sousuo yang diambil dari nama tokoh mitos China, platform komunitas game dan layanan ranking ‘Lingxuan’ serta pengiriman layanan pengiriman oleh robot untuk pesanan jarak dekat.

    Belum jelas aplikasi apa lagi yang akan ditawarkan oleh ByteDance, namun aplikasi ini akan disebut sebagai ‘Aplikasi Sosial Metaverse’ oleh Tech Planet.

    Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna membuat avatar sesuai diri mereka sendiri, menikmati pengalaman mendalam seperti membuat pesta musik virtual, mengobrol dengan pengguna lain dan lainnya.

    Baca juga: Metaverse Kian Booming, Bagaimana Industri Film Indonesia di Masa Depan?

    Namun, juru bicara ByteDance menentang panggilan tersebut dan menyebut jika aplikasi tersebut tidak memiliki hubungan dengan metaverse.

    Aplikasi pencarian ‘Wukong Sousou’ memungkinkan pengguna mencari berbagai hal termasuk video dan novel. Untuk layanan game, ByteDance akan membangun komunitas game dimana pengguna dapat mengunduh, berbagi postingan sosial, dan melihat peringkat rilis game dan lainnya.

    Tahun baru Imlek juga akan menjadi langkah pertama bagi ByteDance untuk menguji layanan baru mereka yaitu pengiriman dengan robot dalam jarak dekat.

    Dikutip dari Tech Node, ByteDance akan membuka layanan ini pada liburan Tahun Baru Imlek mendatang di China, yaitu pada 31 Januari hingga 6 Februari 2022.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini