icon-category Health

Tak Disangka, Minyak Kelapa Baik untuk Turunkan Berat Badan

  • 04 Apr 2018 WIB
Bagikan :

Siapa yang menyangka minyak kelapa ternyata merupakan salah satu minyak goreng sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak perut.

Ini dikarenakan minyak kelapa mengandung kombinasi asam lemak yang unik. Minyak ini, dilansir Times of India, dianggap sebagai minyak yang ramah terhadap penurunan berat badan. Kondisi ini memiliki dampak yang kuat pada metabolisme Anda, yang pada gilirannya membantu menurunkan berat badan.

Banyak penelitian juga membuktikan bahwa hanya dengan menambahkan minyak kelapa ke dalam diet, maka Anda bisa kehilangan lemak di perut. Minyak kelapa terdiri dari trigliserida rantai menengah dan asam lemak yang membantu dalam meningkatkan metabolisme.

Sebagian besar makanan mengandung asam lemak rantai panjang tetapi minyak kelapa mengandung asam lemak rantai menengah. Ini dikirim ke hati dari saluran pencernaan di mana mereka digunakan untuk menghasilkan energi atau diubah menjadi badan keton.

Ketika mereka berubah menjadi badan keton (yang diproduksi hati saat makan minyak kelapa), mereka memiliki dampak yang kuat pada pengurangan nafsu makan.

Satu studi yang dilakukan pada tikus juga menunjukkan bahwa ketika tikus diberi asam lemak rantai menengah, mereka memperoleh 20 persen lebih sedikit berat badan dan 23 persen lebih sedikit lemak tubuh.

Minyak kelapa memiliki sifat penting, yang disebut sebagai 'thermogenicity'. Ini berarti bahwa makan minyak kelapa cenderung meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan proses pembakaran lemak.

Dalam beberapa temuan lain menunjukkan bahwa ketika manusia mengganti lemak normal dengan lemak rantai menengah cenderung membakar lebih banyak kalori. Ini membuktikan bahwa kalori yang didapat dari minyak kelapa tidak sama dengan yang Anda dapatkan dari minyak lain (meskipun minyak tersebut mungkin juga sehat).

Para ahli berpendapat bahwa asam rantai menengah dalam minyak kelapa meningkatkan perasaan kenyang. Kondisi ini menghasilkan lebih sedikit asupan kalori dan Anda dapat mempertahankan berat badan yang sehat.

Efek ini tentu saja menjadi alasan mengapa lemak ini dimetabolisme dengan baik dan bagus untuk tubuh Anda. Metabolisme yang meningkat dengan baik dan mengurangi nafsu makan membantu Anda menghilangkan lemak perut yang membandel.

Meski demikian peneliti mengingatkan untuk tak berlebihan mengonsumsi minyak kelapa, karena justru dapat menambah berat badan.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan tubuh dan menghitung jumlah kalori yang Anda konsumsi.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini