home ×
Digilife

Tak Hanya Keamanan Rumah, CCTV Bisa Bantu Cegah Virus Corona Masuk Klaster Keluarga

17 February 2021 By
Tak Hanya Keamanan Rumah, CCTV Bisa Bantu Cegah Virus Corona Masuk Klaster Keluarga
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.idPandemi COVID-19 telah cukup lama hadir di kehidupan masyarakat dunia. Di tengah kondisi seperti ini, kita perlu berusaha lebih dalam menjaga kesehatan. Memasang kamera CCTV di rumah bisa menjadi salah satu cara melindungi diri.

Di masa lalu, khususnya sebelum terjadi pandemi COVID-19, kamera CCTV menjadi perangkat utama untuk memantau keamanan rumah. Kini, peran perangkat ini semakin penting.  Seperti dikutip Uzone.id dari SDM Magazine, selama lima tahun terakhir, pasar kamera CCTV telah tumbuh hampir 6 persen secara global.

Sementara itu, di tengah pandemi COVID-19, Future Market Insights mengatakan bahwa kebutuhan terhadap video surveillance tumbuh lebih jauh di Q1 tahun 2020. Tren tersebut terus berlanjut di Q2 tahun 2020, karena perangkat tersebut digunakan untuk memantau keamanan di tengah masa karantina.

CCTV untuk Hindari Virus Corona di Rumah

Meski kita menghabiskan banyak waktu di rumah saat masa karantina, kehadiran CCTV dapat membantu kita mendeteksi tamu yang tidak menggunakan masker. Dengan demikian, kamera CCTV di rumah dapat turut membantu mencegah penyebaran COVID-19.

Seperti diketahui, saat ini jumlah warga yang terpapar Covid-19 terus meningkat dan klaster keluarga mendominasi. Data Januari 2021, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan klaster keluarga masih mendominasi kasus penularan virus Covid-19 di wilayah Jakarta dengan jumlah sampai 612 klaster.

Nah, tahukah kamu jika CCTV ternyata bisa membantu mencegah masuknya virus corona ke dalam rumah sehingga mengurangi paparan penyakit itu di klaster keluarga. Sebagai contoh, IndiHome Smart Camera.

Salah satu fitur yang menarik adalah Motion Detector. Fitur ini dapat mendeteksi setiap pergerakan yang tertangkap kamera. Ketika fitur ini diaktifkan, maka sistem akan memberikan informasi berupa notifikasi ke aplikasi, disertai video highlights saat kamera mendeteksi pergerakan selama 10 detik.

Video hasil deteksi gerakan dapat di-download dan di-share. Bila ada orang lain—yang ternyata terjangkit COVID-19—berkunjung ke rumah, fitur deteksi pergerakan ini dapat membantu mengetahui area rumah yang bersentuhan dengan orang tersebut. Dengan demikian, kualitas kesehatan hidup di rumah semakin terjaga. 

Jaga Rumah dari Aksi Kejahatan

Data Polda Metro Jaya menyebut jika kejahatan atau kriminalitas di era pandemi meningkat hampir 5 persen. Malah pada Juli 2020 meningkat lebih dari 7 persen dengan kasus Pencurian dengan Pemberatan menduduki posisi ke-2 untuk kejahatan terbanyak di 2020. Oleh karena itu, CCTV merupakan salah satu perangkat yang bisa membantu mencegah kriminalitas terjadi di dalam rumah.

Beberapa kamera CCTV yang ada saat ini juga sudah memiliki beragam fitur menarik. Perangkat ini memungkinkan pemantauan keadaan di rumah atau gedung dalam jarak jauh sekali pun, hanya melalui gadget atau smartphone. Jadi, semua kendali ada dalam genggaman pengguna.

Seperti kebanyakan CCTV, Indihome Smart juga bisa dipergunakan untuk menjaga keamanan rumah dari kejahatan yang tidak diinginkan. Perangkat ini juga didukung teknologi IoT (Internet of Thing) dan fungsi-fungsi home surveillance. Jadi, IndiHome Smart Camera dapat memberikan solusi lengkap untuk kalian yang membutuhkan keamanan dan kenyamanan yang lebih pada tempat tinggal di masa pandemi ini.

Dibekali juga dengan kemampuan mendapatkan angle 360 derajat yang memungkinkan pemantauan keadaan rumah secara menyeluruh. Saat ada gerakan mencurigakan di malam hari, notifikasi akan terkirim dan niat jahat oknum bisa langsung digagalkan.

Yang terpenting, CCTV Indihome ini juga bisa melakukan interaksi dua arah. Fitur ini bisa digunakan untuk menakuti pencuri atau tamu tak diundang sehingga aksi kejahatan tak jadi dilakukan.

Selain itu, saat sedang jauh, kita juga bisa langsung mengajak ngobrol orang yang ada di rumah hanya melalui CCTV. Sekedar menanyakan kabar mereka, atau keadaan dan kondisi rumah. 

CCTV Tak Harus Mahal

Yang menarik dari Indihome Smart ini adalah pelanggan tidak perlu mengeluarkan kocek yang dalam hanya untuk membeli perangkat kamera CCTV. Yang biasanya harga CCTV rumahan dibanderol paling murah sekitar Rp1 jutaan, dengan Indihome Smart, hanya Rp38 ribu per bulan. 

Harga yang cukup terjangkau itu tak hanya tentang perangkat tapi juga pelayanan dan akses untuk memonitor keamanan rumah kapanpun dimana pun.

Yuk, pastikan rumah aman selalu dari ancaman kejahatan dan virus di masa pandemi ini.

VIDEO Gadget-Gadget Unik - Give Away Alert!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article