icon-category Gadget

Tak Kapok dari Kegagalan Google Glass, Google Rancang Kacamata AR?

  • 02 Feb 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto ilustrasi: USA Today

    Uzone.id – Perusahaan teknologi berlomba-lomba mengembangkan inovasi agar terus relevan sesuai perkembangan teknologi yang semakin maju. Di tengah pembahasan metaverse di mana-mana, Google dirumorkan mengikuti jejak Apple: mengembangkan teknologi AR (augmented reality).

    Rumor yang didapatkan dari sumber terdekat perusahaan, Google dikabarkan sedang mengembangkan headset AR sendiri dengan kode nama “Project Iris”.

    Tak tanggung-tanggung, bocoran ini juga mengatakan kalau sudah ada perangkat purwarupa atau prototype yang sedang diuji coba saat ini di fasilitas Google di San Francisco Bay Area, Amerika Serikat.

    Baca juga: Kacamata AR Oppo, Beda dari Google Glass

    Kacamata AR Google ini disebut mirip seperti goggle atau kacamata pelindung yang biasa dipakai untuk bermain ski dan sejauh ini diklaim tidak membutuhkan koneksi sambungan, seperti ke ponsel atau perangkat lain.

    Jika kacamata AR ini bukan sekadar rumor, tentu saja ini bukan upaya pertama Google dalam mengembangkan perangkat kacamata pintar.

    Sebelumnya, Google merilis Glass, kacamata pintar yang penuh kontroversi karena dianggap dapat menerobos privasi orang lain. Dianggap terlalu cepat dikembangkan atau belum relevan dengan kebutuhan pada saat itu, ditambah harganya yang begitu mahal, Google Glass dianggap sebagai produk gagal perusahaan.

    Baca juga: Asal-usul Terciptanya Google Glass

    Google Glass pun akhirnya dimatikan pada Desember 2019.

    Di sisi lain, tentu kehadiran kacamata AR Google ini juga bisa membangkitkan semangat kompetisi tersendiri, mengingat Apple kabarnya akan memperkenalkan headset mixed reality mereka pada akhir 2022.

    Kita lihat saja nanti.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini