icon-category Gadget

Tanda Realme 11, 11 Pro & 11 Pro+ Bakal Rilis di Indonesia

Bagikan :

Uzone.id - Suksesor Realme 10 Series telah meluncur di pasar China. Ada tiga model yang diluncurkan, Realme 11, Realme 11 Pro, dan Realme 11 Pro+, kabar baiknya ketiga smartphone tersebut kemungkinan besar bakal meluncur juga di Indonesia.

Terpantau ada tiga smartphone baru Realme yang telah muncul di database situs e-Sertifikasi SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Masing-masing memiliki nomor model RMX3760, RMX3741, dan RMX3771.

Dikutip dari berbagai sumber, nomor model tersebut masing-masing merupakan Realme 11, Realme 11 Pro, dan Realme 11 Pro+. Varian standar mendapatkan sertifikasi pada 14 April 2023, sementara dua seri lainnya mengantongi izin pada 2 Mei 2023 yang lalu.

alt-img

Dari siaran pers yang diterima Uzone.id, Realme Indonesia pun seakan memberikan teaser tentang kemunculan number series terbaru mereka ke pasar ponsel tanah air.

Stay tuned untuk kehadiran Number Series terbaru dari Realme ini di Tanah Air. Untuk selalu terupdate dan tidak ketinggalan mengenai informasi-informasi produk dan promo terbaru kunjungi www.realme.com/id dan ikuti akun media sosial resmi Realme Indonesia,” ungkap pabrikan asal China tersebut.

Belum diketahui kapan pastinya Realme 11 Series masuk ke Indonesia. Merunut dari seri sebelumnya, Realme 10 hadir ke pasaran pada akhir tahun lalu, sementara Realme 10 Pro dan Realme 10 Pro+ dipasarkan sebulan setelahnya.

Spesifikasi Realme 11

alt-img

Realme 11 Series mengadopsi desain bodi belakang yang kurang lebih sama. Bingkai kameranya berbentuk lingkaran besar yang cukup dekoratif dan mewah. 

Terdapat dua varian warna, dimana salah satunya mengusung kulit vegan berwarna orange agak terang. Summer Orange warnanya, ditemani oleh warna Star Trail Black dengan kelir hitam bertekstur mirip metal.

Realme 11 menampilkan layar AMOLED berukuran 6,43 inci. Beda dengan dua saudaranya, layarnya masih datar dengan bezel yang agak tebal di bagian bawahnya.

Panel AMOLED yang digunakannya tak main-main kualitasnya. Berjenis 8-bit, layar ini dapat memancarkan konten dengan intensitas maksimal 1.000 nits.

Resolusi layarnya mencapai Full HD+ dengan fitur refresh rate 90Hz. Buat gamer, Realme kasih fitur lainnya berupa touch sampling rate mencapai 180Hz yang responsif. 

Di dapur pacu, Realme 11 ditenagai MediaTek Dimensity 6020. 'Wah chipset flagship!'. Bukan kok, prosesor ini adalah nama lain dari Dimensity 810 yang sebenarnya jenis SoC (system on chip) keluaran lama.

alt-img

Prosesor 7nm tersebut dipadukan dengan RAM 8 GB atau 12 GB dan penyimpanan internal 128 GB hingga 256 GB dengan jenis UFS 2.2. Kalau belum cukup, pengguna bisa tambah kapasitas penyimpanan dengan microSD.

Realme 11 juga sudah berjalan di sistem operasi terbaru Realme UI 4.0 berbasis Android 13. Dipastikan juga ponsel ini kebagian update software terbaru ke depannya. 

Sektor daya, Realme 11 ditopang baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 33W yang bisa mengisi baterai 50 persen daam waktu 29 menit saja.

Kamera jadi salah satu keunggulan yang ditawarkan Realme 11. Smartphone ini punya konfigurasi berupa kamera utama 64 MP bersensor OV64B40 yang dipasangkan dengan kamera depth 2 MP. Di depan, tersedia kamera selfie 8 MP. 

Spesifikasi Realme 11 Pro

alt-img

Walau konsep desainnya sana, tapi Realme 11 Pro memang tampil lebih menarik dari varian standar. Bingkai kamera berbentuk lingkaran dengan cincin dekoratif di bagian tengahnya terlihat menyatu dengan penampang belakang yang terbuat dari kulit vegan.

Ya, penggunaan material vegan leather menjadi peningkatan signifikan yang ditawarkan number series terbaru. Terlebih, material ini kerap digunakan oleh sejumlah smartphone flagship yang harganya jauh di atas ponsel kelas menengah.

Dengan desain seperti ini, Realme 11 Pro pun terlihat seperti ponsel premium yang menonjolkan fitur kamera sebagai daya tarik utamanya. 

Gak cuma gegayaan doang, fitur kamera Realme 11 Pro memang lebih baik dari sebelumnya. Kamera utamanya menggunakan sensor 100 MP dan sudah didukung OIS (optical image stabilization), sesuatu yang tak dibawa oleh seri sebelumnya.

Kameranya juga dapat merekam video 4K pada 30 FPS. Ditambah digabungkan dengan kamera makro 2 MP sebagai pendukungnya. Di depan, ada kamera selfie 16 MP dengan jenis lensa wide seluas 82.3°.

Beda jauh dari sebelumnya, Realme 11 Pro punya layar OLED dengan tepian yang melengkung, bikin bezel-nya terlihat lebih tipis dan terasa premium.

Layarnya seluas 6,7 inci dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate mencapai 360Hz. Gamer harusnya gak bakal ngeluh soal responsivitas layar ponsel ini. 

OLED yang digunakannya gak kaleng-kaleng, lantaran berjenis 10-bit yang dapat memancarkan 1 miliar warna. Plus, layarnya sudah mengantongi sertifikat HDR10+ dengan tingkat kecerahan mencapai 950 nits. 

Soal dapur pacu, Realme 11 Pro disokong prosesor Dimensity 7050. Masih kelas menengah kok, karena chipset ini sebenarnya Dimensity 1080 yang diganti namanya saja. 

RAM-nya bikin kagum karena mencapai 12 GN yang bisa ditambah hingga 8 GB secara virtual, sehingga total RAM-nya mencapai 20 GB. Penyimpanan internalnya mencapai 512 GB, dan sudah berjalan di Realme UI 4.0 terbaru.

Di sektor daya, masih sama dengan versi standar. Kapasitas baterainya 5.000 mAh dengan fast charging lebih ngebut mencapai 67W. 

Dengan daya yang lebih besar, ngecas juga kian singkat. Realme mengklaim, ngecas sampai 50 persen cuma butuh waktu 18 menit saja. 

Spesifikasi Realme 11 Pro+

alt-img

Model dengan spesifikasi paling dewa di antara lainnya, Realme 11 Pro+. Ponsel ini gak cuma lebih kece speknya dari seri Realme 11 lainnya, tapi juga lebih mantap dari sebelumnya.

Salah satu fitur utama yang ditawarkannya adalah kamera dengan sensor utama 200 MP. Realme 11 Pro+ menjadi smartphone pertama dari perusahaan yang menggunakan kamera dengan resolusi besar ini.

Adapun sensor yang digunakannya adalah Samsung ISOCELL HP3 dan telah didukung oleh OIS. Tentu ini jadi upgrade signifikan, dimana seri sebelumnya cuma mengusung kamera 108 MP tanpa OIS.

Kamera ini dipasangkan dengan kamera ultrawide 8 MP dan makro 2 MP. Ragam fitur dihadirkan, seperti Super Nightscape, Moon Mode, hingga Starry Mode. Buat perekaman video, pengguna bisa ngonten dengan resolusi hingga 4K pada 30 FPS.

Sementara buat kamera selfie, Realme menempatkan sensor 32 MP pada lubang kamera di atas layarnya.

Sama seperti Realme 11 Pro, smartphone ini membawa layar OLED 10-bit 6,7 inci dengan tepian melengkung di sisi kiri dan kanannya. Resolusinya masih sama Full HD+ dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate yang cepat.

Perbedaan desain justru terdapat pada bagian belakang. Realme memberikan kelir warna dan tekstur kulit yang terasa lebih mahal. Warnanya Green dan Beige dengan tekstur khas kulit sintetis yang halus. Ditambah, terdapat elemen jahitan tenun di bagian tengahnya yang bikin perangkat ini terlihat mewah.

Soal bentuk kameranya masih sama. Tiga kamera belakang Realme 11 Pro+ ditempatkan pada modul lingkaran dengan efek dekoratif yang disesuaikan dengan warna bodi perangkat.

Sama halnya dengan varian Pro, Realme 11 Pro+ ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 7050 yang dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan penyimpanan sampai 1 TB. Ya, kalian gak salah lihat, smartphone ini punya ruang storage yang super luas, mungkin terbesar di kelasnya.

Baterai dan sistem operasinya sama. Bedanya, Realme 11 Pro+ dapat diisi dengan pengisian daya 100W yang lebih cepat.

Harga dan ketersediaan

Realme 11 mulai dijual di China pada 1 Juni 2023 mendatang dengan harga mulai CNY1.599 atau setara Rp3,4 jutaan untuk model 8/256 GB dan CNY1.799 atau Rp3,8 jutaan untuk varian 12/256 GB.

Realme 11 Pro sudah bisa dibeli di China dengan harga mulai CNY1.699 atau Rp3,6 jutaan untuk versi dasar 8/256 GB, CNY1.999 atau Rp4,2 jutaan untuk varian 12/256 GB dan CNY2.199 atau Rp4,6 jutaan untuk versi 12/512 GB.

Varian tertinggi Realme 11 Pro+ dibanderol mulai CNY1.999 atau Rp4,2 jutaan untuk tipe 12/256 GB dan CNY2.599 atau Rp5,5 jutaan untuk versi tertinggi 12 GB/1 TB. Belum diketahui kapan Realme akan menjualnya secara global, termasuk di Indonesia.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini