home ×
Digilife

Tanggapi Laporan Trend Micro, SHAREit Gercep Rilis Patch

23 February 2021 By
Tanggapi Laporan Trend Micro, SHAREit Gercep Rilis Patch
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Usai ramai soal laporan Trend Micro yang menemukan kerentanan pada aplikasi SHAREit, pihak pengembang aplikasi pun langsung merespons. Mereka mengaku telah merilis patch untuk mengatasi potensi kerentanan yang ada.

Dalam keterangan resmi SHAREit yang dikirim ke Uzone.id, Selasa, 23 Februari 2021, platform berbagi file itu memastikan jika mereka telah aware dengan laporan dari Trend Micro itu. Oleh karena itu, menurut mereka, miliaran penggunanya tak perlu khawatir akan keamanan aplikasi SHAREit.

"Pada 15 Februari 2021 kami mengetahui adanya laporan dari Trend Micro terkait potensi kerentanan keamanan dalam aplikasi kami. Kami bekerja dengan cepat untuk menginvestigasi laporan ini dan pada 19 Februari 2021 kami telah merilis patch untuk mengatasi potensi kerentanan yang disebutkan," ujar pihak SHAREit.

Baca juga: Aplikasi ShareIt Tembus 1,8 Miliar Pengguna

Mereka menegaskan, tak hanya sebagai platform berbagi file, SHAREit juga menjadi penyedia konten dan gaming terkemuka di dunia. Sejak didirikan miliaran pengguna telah mempercayakan SHAREit untuk membagi file mereka secara cepat dan aman.

"Keamanan aplikasi kami dan data pengguna merupakan hal yang terpenting bagi kami. Kami senantiasa berkomitmen untuk melindungi keamanan dan privasi pengguna serta melakukan pembaruan aplikasi secara berkala guna mengantisipasi berbagai ancaman keamanan," katanya.

Sebelumnya, Trend Micro menemukan adanya bugs yang dapat dieksploitasi untuk menjalankan kode berbahaya di perangkat pengguna. Akar penyebab dari kelemahan keamanan adalah kurangnya batasan akses yang tepat tentang siapa yang dapat memanfaatkan kode aplikasi.

Echo Duan, peneliti keamanan perangkat Trend Micro berkata apabila terdapat aplikasi berbahaya atau ada serangan Man in The Middle (serangan cyber yang terjadi ketika komunikasi antara dua belah pihak atau sistem dicegat oleh pihak ketiga), maka mereka dapat mengirim perintah di aplikasi ShareIt dan membajak perangkat korban.

Serangan melalui aplikasi ShareIt juga akan menimpa kode aplikasi pada penyimpanan perangkat anda dan dapat meng­-install aplikasi lain tanpa sepengetahuan anda.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id